Beberapa Amalan di Bulan Ramadhan Ini Akan Mendapatkan Pahala Berlipatganda

Senin, 11 April 2022 11:18 WIB

Share
Beberapa Amalan di Bulan Ramadhan Ini Akan Mendapatkan Pahala Berlipatganda
Ilustrasi berdoa. (foto:Pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ramadhan merupakan bulan baik yang penuh ampunan. Sehingga menjadi waktu yang sangat tepat untuk melakukan hal-hal baik demi mendapatkan pahala yang berlipatganda.

Berbuat baik atau melaksanakan ibadah pada bulan Ramadhan merupakan keistimewaan tersendiri. Amalan apa sajakah yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan? Berikut adalah beberapa amalan yang bisa dilakukan.

1. Bersedekah atau Beramal
Bersedekah adalah memberikan sedikit rezeki secara ikhlas atau sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah yang ditentukan. Bersedekah juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Rasul ketika bulan Ramadhan.

2. Shalat atau Ibadah Malam
Ibadah malam atau tahajud bisa dilakukan pada bulan Ramadhan, jangan sampai terlewat. Dalam hadist menyebutkan, "Barang siapa yang shalat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Mengaji dan Mengkhatamkan Al-Qur'an
Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Al-Qur'an diturunkan. Maka dari itu, membaca Al-Qur'an adalah hal yang dianjurkan untuk diamalkan. Jika berkesempatan menyelesaikan membaca Al-Qur'an pada bulan Ramadhan, maka biasakan membaca Al-Qur'an lebih giat dari sebelumnya karena akan mendapatkan pahala yang lebih.

4. Berbagi Makanan
Berbagi makanan kepada orang yang berpuasa merupakan salah satu amalan sunah yang juga dapat dilakukan. Selain itu hal ini disebutkan dalam sebuah hadist, "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu." (HR At-Tirmidzi)

5. Perbanyak Berdoa
Di bulan Ramadhan, doa-doa yang dipanjatkan insyaallah akan dikabulkan Allah SWT. Berikut ada 3 doa yang disebutkan oleh hadist Abu Hurairah yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. "Ketiga orang tersebut adalah doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, doa dari pemimpin yang adil, dan doa orang yang teraniaya. Oleh karena itu saat bulan Ramadhan perbanyaklah berdoa, niscaya akan dikabulkan oleh Allah."

6. Mencari Pengampunan
Bulan Ramadhan bisa dipergunakan untuk mencari pengampunan, memperbaiki kesalahan diri yang pernah dilakukan dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi pada kemudian hari. Bisa juga dijadikan sarana meminta maaf kepada orang-orang terdekat dengan hal yang pernah dilakukan dengan disengaja atau tidak disengaja.

7. Itikaf atau Berdiam Diri
Itikaf pada bulan Ramadan ini terkait dengan jatuhnya malam Lailatul Qadar yang terjadi pada satu malam di antara 10 hari terakhir Ramadhan.

Iktikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari ridha Allah dan intropeksi diri atas perbuatan-perbuatannya. Siapa saja yang ingin beri'tikaf di antara kalian, maka beri'tikaflah,'. Lalu di antara para sahabat ada yang beri'tikaf bersama beliau." (HR Bukhari).

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Desri
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar