Pilih Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Pada Bulan Puasa, Simak Jamnya

Rabu, 13 April 2022 17:29 WIB

Share
Pilih Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Pada Bulan Puasa, Simak Jamnya
Ilustrasi olahraga. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Merasa begah dan tidak bersemangat pada saaat beraktivitas? Olahraga pada saat bulan puasa memang agak berat dilakukan, tetapi ada jam-jam tertentu untuk berolahraga agar lebih maksimal.

Olahraga saat berpuasa dapat dilakukan agar badan tetap fit, dan untuk yang sedang diet bisa sesegera mungkin membakar kalori makanan pada saat berbuka puasa.

Olahraga pada saat puasa tantangannya adalah menahan haus. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa inilah salah satu cara agar bisa menahan rasa haus dan lapar karena energi yang dibakar pada saat berolahraga. Inilah waktu yang tepat untuk olahraga dibulan puasa.

1. Sebelum berbuka puasa
Olahraga bisa dilakukan sebelum berbuka puasa, lebih tepatnya 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Olahraga ini untuk jenis yang ringan, seperti berjalan kaki, cardio dengan minimal gerakan atau bermain di treadmill. Jam ini tepat untuk berolahraga dan paling efektif karena sesudah olahraga bisa langsung berbuka puasa.

2. Sesudah berbuka puasa
Sesudah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat dimana energi sudah terisi pada saat berbuka puasa. Dan waktu pun lebih panjang yang dimana variasi olahraga bisa lebih banyak dilakukan, contoh bisa angkat beban, cardio intensitas tinggi. Olahraga ini bisa dilakukan sekitar 60-90 menit setelah berbuka puasa.

3. Sesudah sahur
Memang agak jarang melakukan olahraga sesudah sahur, karena biasanya waktu digunakan untuk bersiap-siap memulai hari dan melanjutkan tidur. Tetapi, waktu ini juga cocok untuk berolahraga yang tentunya intensitas rendah.

Sama halnya dengan sesudah berbuka puasa, kondisi dimana energi baru saja terisi dengan makanan sahur bisa langsung dibakar dengan olahraga. Tidak usah maksimal karena masih ada energi yang harus disimpan untuk melakukan aktivitas seharian penuh sampai berbuka puasa.

Demikian beberapa waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa. Lebih memilih waktu manakah untuk berolahraga di bulan puasa? (Desri)***

Editor: Ivan W.
Contributor: Desri
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar