Kisah Nyata Arul  Anak Asuh Polres Tasikmalaya Difilmkan, Begini Penjelasan Kapolres

Kamis, 14 April 2022 06:06 WIB

Share
Kapolres Tasikmalaya , AKBP Rimsyahtono beserta tamu undangan menyaksikan Launching film Arul di Gedung pertemuan warga. (foto:kris)
Kapolres Tasikmalaya , AKBP Rimsyahtono beserta tamu undangan menyaksikan Launching film Arul di Gedung pertemuan warga. (foto:kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Arul yang dulu bukanlah Arul yang sekarang. Kini anak asuh Polres Tasikmalaya ini menjadi pemeran utama dalam film yang mengisahkan perjalanan hidupnya.

Polres Tasikmalaya bersama Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya merilis film berjudul "Arul Hadiah Terbaik" dalam rangka buka bersama di Gedung Pertemuan Warga Jalan Raya Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (13/4/2022) malam

Launching film tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono, Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto beserta Perwira dan para Kapolsek dan para pemain.

Acara yang dimulai dari sekitar pukul 16.30 WIB sampai dengan selesai berjalan lancar dan khidmat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres menjelaskan bahwa film Arul dibuat berdasarkan kisah nyata atas kejadian yang sempat viral yang beberapa waktu lalu. 

Film ini dibuat, lanjut ia, untuk memberikan contoh serta edukasi kepada masyarakat tentang penanganan yang benar.

"Karena anak punya masa depan yang butuh perlakuan khusus terutama menyangkut psikologisnya. Berkaitan dengan ini, salah satu penyelesaian anak bisa dilakukan secara Diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, sesuai aturan yang ada," tegasnya.

"Dalam adegan ini kita juga memerankan adegan yang sesunguhnya, terutama saat Arul diseret dari  rumahnya hingga ke mobil dan meminta ke ibu kandungnya untuk dibuatkan gubuk di tengah sawah," ucapnya

"Pembuatan film ini kita juga melibatkan beberapa seniman dari Kota Tasikmalaya dengan memakan waktu sekitar 35 menit serta beberapa Sin, tanpa ada satu scrif," ucapnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler