Tahan Lapar Lebih Lama Saat Puasa? Bisa Coba Konsumsi Makanan Ini

Kamis, 14 April 2022 15:43 WIB

Share
Ilustrasi olahan Oats untuk sahur (pixabay)
Ilustrasi olahan Oats untuk sahur (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Sahur merupakan waktu makan yang utama untuk menjalankan puasa. Makanan sahur dapat menentukan sejauh mana bisa menahan rasa lapar dan mendapatkan energi untuk seharian penuh.

Makan dengan porsi yang banyak tidak mempengaruhi membuat kenyang lebih lama, tetapi tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Pilihlah menu sahur yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat tahan lapar lebih lama.

1. Telur
Telursangat mudah didapatkan dan bahan makanan yang stoknya selalu ada di kulkas. Telur adalah salah satu makanan yang bernutrisi dan tinggi protein yang bisa membuat kenyang lebih lama. Protein dan lemak pada telur dapat membantu mempertahankan tingkat energi.

2. Alpukat
Buah alpukat tinggi serat dan memiliki lemak baik yang baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan alpukat 6 gr lemak, 3,4 gr karbohindrat, kurang dari 1 gr gula dan 3 gr serat ini, membuat alpukat dapat mengenyangkan perut dalam waktu yang lebih lama.

3. Kentang rebus
Kentang bisa menjadi pengganti karbohidrat yang lebih rendah gula dibandingkan dengan nasi. Kentang mengandung vitamin c dan nutrisi sehat lainnya.

4. Greek Yoghurt
Greek yoghurt mengandung protein dan juga serat. Selain itu yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Oats
Oats adalah sejenis biji-bijian yang mengandung serat dan rendah kalori. Banyak olahan oats yang bisa disantap untuk sahur, contohnya oatmeal kemasan yang bisa dimasak dengan berbagai topping buah yang dapat menahan rasa lapar lebih lama.

6. Ikan
Ikan kaya akan protein dan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Makanan yang mengandung protein biasanya dapat menahan rasa kenyang lebih lama dan cocok untuk menu sahur.

7. Buah-buahan
Selain makanan berprotein, buah merupakan salah satu yang mengandung serat, nutrisi lain dan kalori yang sedikit. Contoh buah yang dapat dikonsumsi pada sahur seperti pisang, apel, jeruk. Lebih baik dikonsumsi langsung tanpa diolah lagi seperti jus.

8. Sayur-sayuran
Sayuran makanan yang sangat bergizi. Banyak sayuran yang mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Sayuran mengandung serat dan juga air. Contoh sayur yang tepat adalah brokoli, bayam, wortel dan juga tauge.

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Desri
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler