Berikut Peperangan Umat Muslim Menghadapi Musuh di Zaman Rasulullah yang Terjadi Selama Bulan Ramadhan

Jumat, 15 April 2022 16:22 WIB

Share
Berikut Peperangan Umat Muslim Menghadapi Musuh di Zaman Rasulullah yang Terjadi Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi gurun pasir. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan oleh umat muslim. Terlebih terdapat jaminan akan dilipatgandakan amalan kita selama bulan Ramadhan.

Namun sebenarnya di bulan Ramadhan banyak sekali sejarah besar yang dilalui oleh umat Islam pada masa lalu. Selain menjalankan ibadah puasa wajib, mereka sering mendapatkan ujian besar dan terjadi peperangan menghadapi musuh.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa peristiwa besar selama bulan Ramadhan pada masa lalu:

1. Perang Badar
Perang ini memiliki nama lain Ghazwah Badr al-Kubra, yang merupakan perang pertama kaum Muslimin melawan kaum Quraisy, yaitu kaum yang menindas dan bahkan tak segan untuk membunuh kaum muslim pra hijrah ke Madinah.

Banyak litelatur yang menyebutkan bahwa muslim yang ikut berperang kala itu berjumlah 313 orang melawan seribu kaum Quraisy. Perang ini berlangsung pada 17 Ramadhan 2 hijriyah atau 13 Maret 624 masehi.

Namun dengan keyakinan serta iman kepada Allah SWT dan tekad yang besar untuk menyebarkan ajaran Islam, kaum muslimin memenangkan pertempuran tersebut.

2. Pembebasan Kota Makkah
Pasca Kaum Muslimin melakukan hijrah ke kota Madinah dan terpusatnya basis kekuatan umat Islam di Madinah, umat muslim berhasil membebaskan kota Makkah sebagaimana yang menjadi salah satu mimpi besar umat Islam kala itu.

Perang ini dilatar belakangi oleh dilanggarnya perjanjian Hudaibiyah yang dilakukan oleh kaum Quraisy, dimana kaum Quraisy melakukan kerjasama dengan kabilah lain untuk memerangi kaum Muslimin.

Oleh karena itu Rasulullah memerintahkan sepuluh ribu pasukan untuk melakukan pembebasan kota Makkah dengan aturan yang tegas, tidak boleh menyerang sebelum diserang oleh kaum Quraisy, dilarang memerangi orang yang tak berdaya (perempuan, anak-anak, lansia) dan menghancurkan ratusan berhala yang berada di sekitar Kabah.

Perang ini dimenangkan oleh umat Islam dimana sejarah mencatat tidak ada satu tetesan darah pun yang terjatuh ke tanah dan peristiwa ini terjadi pada tanggal 20 Ramadhan 8 Hijriyah.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar