Keutamaan Lailatul Qadar dan Ciri Kedatangan Malam Mulia

Sabtu, 16 April 2022 22:30 WIB

Share
Keutamaan Lailatul Qadar dan Ciri Kedatangan Malam Mulia
Ilustrasi mengisi ibadah selama bulan Ramadhan.

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Hadirnya bulan Ramadhan menjadi kesempatan istimewa bagi umat muslim untuk berlomba meraih berkah, ampunan dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Dalam bulan Ramadhan terdapat malam yang begitu mulia, malam dimana para ulama meyakini bahwa Al-Quran diturunkan ke Bumi. Malam itu kita kenal dengan malam Lailatul Qadar.

Saat malam Lailatul Qadar, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan Sholat malam dan berdoa kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan pun akan dikabulkan dan dosa-dosa terdahulu akan diampuni.

Hadist Riwayat Bukhari menyebutkan: "Barang siapa melaksanakan sholat malam di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

Lalu diriwayatkan, Aisya RA pernah bertanya pada Rasulullah SAW: "Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, doa apa yang bagus dibaca?" Beliau menjawab: "Ucapkanlah, Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa'fu anni."
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku."

Lalu bagaimana ciri datangnya malam Lailatul Qadar?
Hadist riwayat Imam Muslim mengatakan : "Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR. Imam Muslim, 762)

Lalu hadist lain menyebutkan; "Hadist riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: "Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas juga tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan." (HR. Al Baihaqi).
Hadist Riwayat Muslim juga menyebutkan: "Rasullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya." ( HR. Muslim)

Dari banyaknya riwayat yang menjelaskan mengenai ciri dan keutamaan malam Lailatul Qadar ini maka umat Muslim perlu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. (Farhan)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar