Mabit, Salah Satu Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadhan, Ini Beberapa Aktivitasnya

Sabtu, 16 April 2022 12:44 WIB

Share
Mabit, Salah Satu Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadhan, Ini Beberapa Aktivitasnya
Ilustrasi Al-Qur'an (foto: Pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Mabit atau malam bina iman dan takwa adalah kegiatan yang biasa dilakukan pada saat sekolah, yaitu kegiatan bermanfaat yang baik dilakukan pada saat bulan Ramadhan.

Mabit biasanya diadakan di sarana sekolah atau di masjid sekitar tempat tinggal. Mabit merupakan kegiatan kerohanian Islam sebagai peningkatan keimanan dan ketaqwaan seorang muslim.

Ada berbagai macam kegiatan mabit, salah satunya bermalam di suatu tempat bersama teman atau sendiri untuk melakukan beberapa alur ragam kegiatan.

Kegiatan mabit itu biasanya diisi dengan shalat berjamaah, khatam Al-Qur'an atau membaca Al-Qur'an, sholat sunnah tahajud bersama, muhasabah, dan beberapa materi kajian.

Melalui kegiatan ini, seorang muslim dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Berikut beberapa manfaat kegiatan mabit:

  1.     Meningkatkan Iman dan Taqwa
  2.     Menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
  3.     Menumbuhkan Muhasabah atau Introspeksi Diri
  4.     Berupaya menjadi hamba yang bertakwa
  5.     Lebih menghargai waktu

Biasanya kegiatan mabit ini dilaksanakan oleh anak-anak hingga remaja yang diselenggarakan oleh masjid di lingkungannya. (Desri)***

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar