5 Sosok Panglima Muslim Termasyhur, Pembela Islam Dikenang Sepanjang Masa

Minggu, 17 April 2022 14:30 WIB

Share
5 Sosok Panglima Muslim Termasyhur, Pembela Islam Dikenang Sepanjang Masa
Ilustrasi pasukan. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Penyebaran Islam menempuh proses yang panjang dan menemui banyak tantangan, seperti penolakan, pengusiran, dan bahkan siksaan yang dialami oleh umat Muslim terutama pada tahun-tahun pertama Nabi Muhammad SAW menyebarkan Agama Islam.

Walaupun pada awalnya tidak banyak orang yang dapat menerima dan mempercayai ajaran agama Islam dan percaya kepada Allah SWT, namun Islam mampu memperkuat eksistensinya hingga saat ini.

Dalam sejarah, tercatat banyak peperangan yang dilalui oleh umat Islam, dimulai dari perang Badar hingga perang salib.

Penaklukan-penaklukan yang dilakukan oleh umat Islam tidak terlepas dari sosok para panglima yang cerdas dan memiliki keyakinan iman yang kuat kepada Nabi Muhammad dan Allah SWT.

Berikut beberapa panglima Muslim yang berhasil menaklukan pembebasan dan penyebaran agama Islam ke Penjuru Dunia :

1. Khalid bin Walid
Panglima Muslim ini sangat dikenal oleh umat Islam. Khalid bin Walid mampu menaklukan pasukan Persia ketika kepemimpinan Khalifah Umar bin Khathab.

Mantan panglima kaum Quraisy ini telah banyak memimpin peperangan besar di antaranya adalah pembebasan Jazirah Arab hingga ke wilayah Persia.

2. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah
Sosok ini masuk Islam setelah sehari sahabat Abu Bakar memeluk Islam. Ia memiliki gelar "orang kuat yang terpercaya" dan "Kepercayaan Umat Muhammad" oleh Nabi SAW.

Abu Ubaidah banyak terlibat peperangan besar, di antaranya ketika umat Islam melakukan perang Badar. Dalam perang itu Ubaidah menghadapi ayahnya sendiri yaitu Abdullah Ibn Al-Jarrah. Abu Ubaidha berhasil menaklukan daerah Syam pada masa ke khalifahan Umar bin Khathab.

3. Shalahudin Ayyubi
Bila pembaca mendengar Dinasti Ayyubiyah maka pembaca tidak asing dengan sosok Salahuddin Al-Ayyubi. Beliau memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas yaitu Syam, Mesir, Mesopotamia, Yaman dan Hejaz dan sebagian wilayah Utara Afrika.

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar