5 Sosok Panglima Muslim Termasyhur, Pembela Islam Dikenang Sepanjang Masa

Minggu, 17 April 2022 14:30 WIB

Share
5 Sosok Panglima Muslim Termasyhur, Pembela Islam Dikenang Sepanjang Masa
Ilustrasi pasukan. (pixabay)

Sosoknya terkenal ketika membebaskan Yarusalem dari tentara salib yang berhasil ia rebut pada tahun 1187. Dunia mencatat penaklukan ini adalah penaklukan paling manusiawi dan penuh dengan kesantunan terhadap lawannya.

Ketika musuh utama Salahuddin yaitu Richard The Lionheart jatuh sakit, Salahuddin mengirimkan tabib terbaik dan obat-batan untuk meredakan sakit yang dialami oleh musuhnya itu, yang membuat para pasukan Nasrani tercengang atas kemurahan hatinya.

4. Sa'ad bin Abi Waqqas
Sahabat Nabi ini berhasil membawa umat Muslim memenangkan peperangan melawan pasukan Persia pada tahun 636 Masehi. Beliau adalah seorang pemanah hebat yang dimiliki oleh umat Muslim. Atas keimanannya, Sa'ad berkeyakikan bahwa semua ini atas pertolongan dan izin dari Allah SWT, sehingga umat Muslim berkesempatan memenangkan banyak pertempuran.

5. Muhammad Al-Fatih
Sosok pemuda satu ini dikenal dalam dinasti kekhalifahan Muslim terakhir di dunia, yaitu dinasti Utsmaniyah. Dia merupakan pemuda 20 tahunan yang memiliki ambisi untuk menaklukan Konstantinopel, sebagaimana yang sudah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW : "Sesungguhnya akan dibuka kota Konstantinopel, sebaik-baik pemimpin adalah yang memimpin saat itu, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan perang saat itu' (HR.Imam Ahmad 4/235, Bukhori 139).

Muhammad Al-Fatih berhasil menaklukan Konstantinopel dari kerajaan Bizantium pada tahun 1453. (Farhan)***

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar