Amalan yang Dianjurkan Saat Nuzulul Quran, Begini Penjelasannya

Minggu, 17 April 2022 12:00 WIB

Share
Amalan yang Dianjurkan Saat Nuzulul Quran, Begini Penjelasannya
Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan setiap tahunnya menjadi momen penting yang diperingati kaum Muslim, di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. (foto:ist)

JABAR.POSKOTA.CO.ID

Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan setiap tahunnya menjadi momen penting yang diperingati kaum Muslim, di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia, Nuzulul Quran diisi dengan berbagai kegiatan, sebagai bagian dari tradisi masyarakat yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

Dikutip laman Nahdlatul Ulama, acara yang digelar di Indonesia untuk merayakan momen Nuzulul Quran, sangat banyak.

 

Beberapa dari kegiatan tersebut adalah menggelar pengajian, tahlil, khataman Alquran, tumpengan, hingga istighatsah, dan masih banyak acara lainnya.  

Khusus bagi masyarakat Aceh Besar dan Ibu Kota Banda Aceh, Nuzulul Quran dirayakan lewat kegiatan tradisi yang dinamakan dengan kenduri Tammat Daruh atau bermakna kenduru khatam Quran.

Salah satu menu wajib dalam Kenduru Nuzulul Quran di Aceh adalah kuah beulangong yang dimasak bersama-sama.

Ini adalah salah satu masakan khas Aceh Besar yang berisi daging sapi dan kambing dengan campuran aneka bumbu serta buah nangka mentah yang dimasak dalam kuali besar.  


Di Solo, Jawa Tengah, kegiatannya bernama Seribu Tumpeng, kegiatan ini dilakukan dengan menggiring seribu nasi tumpeng dari Keraton Kasunanan Surakarta menuju Joglo Sriwedari Solo.

Biasanya, acara ini digelar setiap malam 21 bulan Ramadhan. Setelah tumpeng selesai diarak, nasi tumpeng ini dikonsumsi oleh warga Solo.

Menurut laman Nahdlatul Ulama, sebenarnya makna memperingati malam Nuzulul Quran adalah mengingatkan kembali pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ini juga bisa memotivasi umat Islam untuk selalu membaca kitab suci agar mendapatkan hidup yang berkah dan diridhai Allah SWT.

Tak hanya kegiatan tradisi, ada banyak amalan yang bisa dilakukan Umat Islam saat Nuzulul Quran.

Tujuannya, memohon keberkahan dan limpahan rahmat dari Allah SWT. Mengingat, ada banyak keutamaan dan keistimewaan dalam peristiwa Nuzulul Quran.

Berikut ini kami rangkum informasi soal Nuzulul Quran, sejarah, keutamaan, dan amalan-amalan yang dianjurkan, dirangkum dari berbagai sumber:

Sejarah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Peritiwa ini diterangkan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185:

"Bulan Ramadhan, bulan yang padanya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)".

Saat wahyu berupa Alquran diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira. Ketika itu, Malaikat Jibril datang lalu menyampaikan wahyu kepada Rasulullah.

Wahyu pertama yang disampaikan Jibril kepada Muhammad adalah Alquran Surat Al Alaq ayat 1 - 5.

Mengenai waktu tepat peristiwa tersebut, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama.
Sebagian ulama menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar).

Sementara sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo').

Terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai proses turunnya Alquran.

Teori pertama, di mana sebagian ulama menjelaskan bahwa Alquran turun dalam jumlah dan bentuk yang utuh dan komplit ke langit dunia (sama' al-dunnya).
Setelah itu, dari langit dunia barulah Alquran diturunkan ke bumi secara bertahap sesuai kebutuhan.
Ada yang menyebutkan 20, 23, atau 25 tahun.

Teori kedua, sebagian ulama menyebutkan bahwa Alquran diturunkan ke langit dunia selama 20 malam Lailatul Qadar atau selama 20 tahun. Dalam hal ini dapat dipahami, bahwa Alquran turun satu kali dalam setahun yaitu bertepatan pada malam Lailatul Qadar.

Teori ketiga, menyebutkan bahwa Alquran turun pertama kali pada malam Lailatul Qadar. Kemudian Alquran diturunkan ke bumi secara bertahap dalam waktu yang berbeda-beda.

Keutamaan Nuzulul Quran

1. Malam Diturunkannya Alquran

Malam Nuzulul Quran merupakan malam istimewa bagi umat Islam. Pasalnya, di malam inilah Allah menurunkan Alquran ke muka bumi sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia. Alquran merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril. Melalui Rasulullah, umat Islam dituntun untuk senantiasa berada pada jalan lurus yang diridhoi oleh-Nya.

2. Banyak Malaikat Turun ke Bumi

Pada malam Nuzulul Quran, para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke bumi. Hal tersebut tertulis dalam Alquran Surat Al Qadr ayat 4:

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

Selain itu, dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan banyaknya malaikat yang turun pada Nuzulul Quran, menandakan banyaknya berkah yang turun.

3. Malam Penuh Berkah

Nuzulul Quran merupakan salah satu malam yang diberkahi Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi".

Amalan yang Dianjurkan Saat Nuzulul Quran

Dikutip dari NU Online, ada beberapa amalan yang dianjurkan saat Malam Nuzulul Quran:

1. Istiqomah dan khatam Alquran minimal satu kali

2. Perbanyak membaca doa Nuzulul Quran, yaitu:

"Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til quraan."

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa'at Alquran."

3. I'tikaf, berdiam diri sambil memperbanyak zikir dan salat malam

4. Memperbanyak sholat malam seperti sholat tahajud, juga menjadi salah satu amalan malam Nuzulul Quran. (Aris) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar