Tradisi Mudik Tidak Hanya Ada di Indonesia, Ini Beberapa Negara yang Menerapkan Hal Serupa

Selasa, 19 April 2022 13:16 WIB

Share
Tradisi Mudik Tidak Hanya Ada di Indonesia, Ini Beberapa Negara yang Menerapkan Hal Serupa
Ilustrasi keramaian. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Setelah 2 tahun menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat untuk mudik tahun ini yang ditandai dengan cuti bersama nasional yang cukup lama.

Terkait hal itu, pemerintah mengeluaran SKB Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menteri PANRB, Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Setelah adanya keputusan tersebut tak heran banyak warga Indonesia yang akan melakukan mudik alias pulang ke kampung halaman. Bahkan jumlah pemudik tahun ini diperkirakan jauh lebih besar.

Namun apakah tradisi mudik ini hanya ada di Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, Berikut adalah negara yang melakukan "mudik":

1. Malaysia
Negara yang masih serumpun dan bertetangga dengan Indonesia ini memiliki tradisi yang hampir sama selama bulan Ramadhan, terutama beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri. Istilah mudik di Malaysia dikenal dengan nama Balek Kampung.

2. Arab Saudi
Idul Fitri menjadi momentum besar di negara ini dan dimanfaatkan untuk "mudik" ke kampung halaman dan berkumpul bersama. Selain mudik masyarakat disana akan menggelar hiburan seperti teater, pertunjukan dan hiburan tradisional lainnya.

3. Turki
Istilah "mudik" di Turki dikenal dengan nama Bayram. Selama momentum ini berlangsung, sekolah, kantor dan instansi pemerintah akan ditutup selama 3 hari dan menggelar pulang kampung berkumpul bersama keluarga.

4. India
Walaupun mayoritas penganut agama di India adalah Hindu, tidak menutup kegiatan "mudik" bagi umat Muslim di negara tersebut. Muslim di India juga merayakan "mudik" selama Idul Fitri. Bukan hanya masyarakat Muslim yang melakukan ini, namun non-muslim pun melakukannya. Mudik untuk merayakan Diwali atau Festival of lights setiap Oktober atau November.

Itulah beberapa negara yang melakukan tradisi "mudik" pada perayaan Idul Fitri. Namun masih ada beberapa negara lain yang belum tersebutkan melakukan tradisi mudik serupa. (Farhan)***

Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar