Apakah Muntah Tidak Disengaja Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Rabu, 20 April 2022 21:39 WIB

Share
Apakah Muntah Tidak Disengaja Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya
Ilustrasi mual yang bisa menyebabkan muntah. (pixabay/derneuemann)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ketika menjalankan ibadah puasa, seorang muslim terkadang mendapati cobaan berupa sakit. Terkadang muncul rasa mual pada perut yang mengharuskan muntah tanpa diinginkan.

Hal ini tentu menjadi pertanyaan besar bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, apakah muntah dapat membatalkan puasa? Lalu muntah seperti apakah yang dapat membatalkan puasa? Maka dari itu, penting untuk mengetahui mengenai kondisi muntah seperti apa yang dapat membatalkan dan tidak membatalkan puasa.

Agama Islam bukan hanya mengatur mengenai peribadatan semata, namun lebih luas dari itu, Islam sudah mengatur mengenai kehidupan atau tata cara berprilaku untuk seluruh umat manusia. Termasuk mengatur mengenai muntah saat berpuasa, berikut hadist yang menjelaskan mengenai perihal muntah selama dalam berpuasa :

"Barang siapa muntah dengan tidak sengaja, jika ia sedang berpuasa maka tidak wajib qadha atasnya. Dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib qadha.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi.)

Dari hadist tersebut kita dapat membaca bahwa seseorang dapat dikatakan batal berpuasa apabila kondisi muntah itu disengaja dan wajib meng ‘qadha’ puasa tersebut atau dengan kata lain menggantinya di hari yang lain. Sebaliknya bila tidak disengaka maka tidak membatalkan puasa. (Farhan)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar