Kapan Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadhan? Berikut Tanda-Tandanya

Kamis, 21 April 2022 17:31 WIB

Share
Kapan Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadhan? Berikut Tanda-Tandanya
Ilustrasi umat muslim. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Apa itu Lailatul Qadar? Lailatul Qadar adalah malam penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan, yang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pembahasan tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar ini terdapat pada Surah Al-Wadar, surat ke-97 dalam Al-Qur’an.

Lailatul Qadar biasanya terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Menurut Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan kepada Aisyah RA yang artinya:

"Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan."

Sebelumnya, ketahui tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar sebagai berikut:

- Tanda pertama adalah matahari terbit pada pagi hari pencahayaannya tidak terik atau teduh seperti yang disabdakan Nabi SAW:

"Matahari terbit pada pagi hari (yang malamnya merupakan malam Lailatul Qadar) tanpa cahaya yang menyilaukan. Ini seakan-akan seperti belanga hingga meninggi." (HR Muslim)

- Tanda kedua, malam udara yang tenang dan juga hawa yang tidak panas dan juga tidak dingin. Diriwayatkan Ibnu Khuzaimah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Ini (Lailatul Qadar) adalah malam yang cerah. Tidak panas maupun dingin. Kemudian, di pagi harinya (setelah melewati Lailatul Qadar), matahari bersinar dengan warna merah yang lemah."

- Tanda ketiga adalah bulan terbit hanya separuhnya, bentuknya seperti setengah mangkok. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW. Kemudian beliau SAW bersabda, "Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan." (HR Muslim).

Itulah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim pada bulan Ramadhan. (Desri)***

Komentar ditutup untuk berita ini.