Universitas Tertua di Dunia Didirikan Oleh Umat Islam

Jumat, 22 April 2022 19:54 WIB

Share
Universitas Tertua di Dunia Didirikan Oleh Umat Islam
Ilustrasi buku. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ayat pertama dalam Al-Quran adalah surat Al-Alaq ayat pertama "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan". Tentunya banyak yang mentafsirkan bahwa umat Islam dituntut untuk berpikir dan mencari ilmu.

Pada perkembangannya, Rasulullah SAW dan para sahabat sangat mengagungkan keilmuan, dimana atas keilmuan seseorang akan ditinggikan derajatnya di mata Allah SWT, dan tentunya dengan dibarengi ilmu agama untuk menunjang keagungan Islam di dunia.

Sebagai contoh dari implementasi itu, banyak didirikan madrasah yang menjadi representasi keilmuan Islam. Sebagai contoh, banyak ilmuan besar Islam yang teori dan penemuannya hingga saat ini masih digunakan dalam keilmuan modern.

Besarnya atensi masyarakat Islam kala itu membuat peradaban timur teramat sangat maju, di tengah dunia Barat atau Eropa mengalami Dark Age atau masa gegelapan. Dunia Islam sedang menikmati masa Renaisans, yang membuktikan bahwa peradaban Islam sangat maju.

Menarik dari semua itu, ternyata Universitas pertama yang didirikan di Dunia adalah Universitas Islam.

Melansir dari Oldest.org, universitas tertua di dunia berasal dari dunia Islam :

1. University of Al-Qarawiyyin
Universitas yang terletak di Negara Maroko ini didirikan pada tahun 859 Masehi di Kota Fez. Universitas ini didirkan pertama kali untuk mempelajari Ilmu Alam. Hal yang menarik, Universitas ini didirikan oleh seorang Muslimah, seorang perempuan bernama Fatima al Fihri.

Universitas ini dinobatkan oleh Guinness Book of Wolrd Record sebagai universitas tertua di dunia. Dalam perkembangannya Universitas ini sudah banyak mencetak filsuf dan ilmuwan serta terus mengembangkan jurusannya untuk pengembangan dunia modern.

2. Universitas Al-Azhar
Universitas Islam satu ini tentunya tidak asing lagi, karena sangat terkenal di dunia. Al-Azhar didirikan tahun 970 Masehi, namun baru diakui sebagai universitas tahun 1961.

Al-Azhar mulanya didirikan sebagai pusat studi agama Islam atau sebagai madrasah, namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, Al-Azhar melebarkan sayapnya dengan membuka berbagai macam studi, seperti matematika, ekonomi, bisnis dan teknik.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar