Apakah Istilah Imsak Hanya Ada di Indonesia? Berikut Penjelasannya

Minggu, 24 April 2022 02:03 WIB

Share
Apakah Istilah Imsak Hanya Ada di Indonesia? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi menu santap sahur. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Apakah penanda akan tibanya waktu shalat subuh atau imsak terutama pada bulan Ramadhan, ada di negara lain selain Indonesia? Imsak diketahui pula sebagai pengingat antara waktu santap sahur dan adzan subuh yang tinggal beberapa menit lagi.

Sejarah awal mula imsak tidak terlepas dari proses penyebaran agama Islam di Nusantara. Banyak ulama yang memberikan pengingat bahwa adzan subuh tinggal sebentar lagi dengan menggunakan beberapa media seperti bedug dan pentungan, atau banyak pula yang menggunakan sirine atau sholawat dan lantunan ayat suci Al-Quran, bahwa waktu subuh tinggal beberapa saat lagi.

Biasanya waktu imsak adalah 10 (sepuluh) menit sebelum adzan subuh. Imsak merupakan lampu kuning untuk menjalankan waktu puasa. Jika kita memperhatikan atau mencari mengenai beberapa penjelasan para ulama dalam berbagai kitabnya akan mudah bagi kita mengambil kesimpulan kapan sesungguhnya ibadah puasa itu dimulai dan mengenai penjelasan imsak.

Imam Al-Mawardi di dalam kitab Iqna’-nya menjelaskan :

"Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelamnya matahari agar ia menyempurnakan imsak (menahan diri dari yang membatalkan puasa) di antara keduanya.” (lihat Ali bin Muhammad Al-Mawardi, Al-Iqnaa’ [Teheran: Dar Ihsan, 1420 H] hal. 74)

Lalu apakah Imsak ada di negara lain? Ustad Abdul Somad mengatakan bahwa tidak ada imsak pada zaman Nabi Muhammad SAW. Waktu imsak ada sejak munculnya mahzab Syafi’i.

Masih banyak yang mengira bahwa imsak adalah akhir waktu dari santap sahur. Namun sebenarnya, santap sahur harus berhenti ketika azan Subuh berkumandang. Maka dapat disimpulkan bahwa istilah imsak hanya ada di Indonesia. (Farhan)***

Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar