Berikut Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan Beberapa Amalan yang Dianjurkan

Minggu, 24 April 2022 01:35 WIB

Share
Berikut Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan Beberapa Amalan yang Dianjurkan
Ilustrasi gambar. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan. Berikut arti dan apa saja yang dapat dilakukan pada malam Lailatul Qadar.

Pengertian Lailatul Qadar

Dalam artinya, Lailatul qadar terdiri atas dua kata, yaitu 'lail' yang artinya malam, sedangkan 'qadar' memiliki makna yang beragam. Jadi malam lailatul qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Malam lailatul qadar ini hanya terjadi pada bulan Ramadan, sehingga ketika Ramadhan umat muslim sangat berharap mendapatkan pahala di malam lailatul qadar.

Keutamaan Lailatul Qadar

Ada beberapa keutamaan pada malam lailatul qadar, yaitu sebagai berikut:

- Lebih baik dari seribu bulan
Hal ini dikemukakan dalam firman Allah SWT: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS Al Qadr ayat 3).

- Diampunkannya dosa-dosa
Pada malam lailatul qadar dipercaya memiliki keutamaan, yaitu dimaafkannya dosa-dosa umat muslim. Hal ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," (HR Bukhari).

- Malam penuh berkah
Malam ini pun merupakan malam yang menyimpan penuh berkah karena dijelaskan pada surat Al Dukhan ayat 3 isinya: "Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi," (QS Al Dukhan ayat 3)

Amalan yang dianjurkan
Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim pada malam lailatul qadar.

1. Melaksanakan shalat
Dianjurkan dalam malam lailatul qadar untuk memperbanyak shalat malam, seperti shalat tarawih, shalat taubat, shalat tasbih, shalat tahajud, shalat hajat, dan shalat witir.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar