Kampung Boneka di Cikampek Utara Diusulkan Menjadi Sentra Boneka Karawang, Ini Kata Anggota Dewan

Rabu, 27 April 2022 14:33 WIB

Share
Kampung Boneka di Cikampek Utara Diusulkan Menjadi Sentra Boneka Karawang, Ini Kata Anggota Dewan
Kampung Boneka di Cikampek Utara diusulkan menjadi Sentra Boneka Karawang. (foto: Ist)

KARAWANG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kampung Boneka di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang diusulkan menjadi sentra produksi boneka karena memiliki potensi yang begitu besar untuk dikembangkan.

Meskipun demikian, potensi tersebut belum ditunjang dengan penataan infrastruktur yang memadai. Demikian disampaikan oleh Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin.

Menurut Akmaludin, seyogyanya pemerintah daerah melakukan penataan infrastruktur yang iconic dan mendeskripsikan Kampung Boneka. Bahkan akan lebih baik jika Kampung Boneka dijadikan Sentra Boneka Kabupaten Karawang.

"Saya kira pemerintah daerah sudah tahu kalau ada potensi ekonomi yang besar di Kampung Boneka ini. Namun sayangnya hingga kini belum terlihat keseriusan pemerintah daerah untuk menunjang potensi ini dengan penataan infrastruktur yang iconic dan bernilai estetik, sehingga dapat mendeskripsikan identitas Kampung Boneka," ujarnya, baru-baru ini.

Dia menilai, kondisi infrastruktur Kampung Boneka saat ini terbilang jauh dari kata estetik. Masih banyak infrastruktur yang membutuhkan perbaikan mulai dari jalan, drainase hingga penataan toko-toko boneka.

"Saya harap dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah bisa melirik potensi yang dimiliki Kampung Boneka dengan melakukan pembangunan dan penataan infrastrukturnya. Misal semua jalan dibuat bagus, drainasenya diperbaiki, dan dibangun gapura di setiap jalan masuk Kampung Boneka dengan desain yang memunculkan identitas Kampung Boneka," ungkapnya.

Senada, Ketua Koperasi Karya Bakti Barokah, Edi Tarmudi mengatakan, boneka yang diproduksi anggotanya sudah melanglang hampir ke seluruh penjuru Nusantara. Tingginya tingkat produksi juga memberikan banyak lapangan kerja.

Ia juga berharap Kampung Boneka tidak hanya sebatas julukan yang diberikan, tapi potensi yang ada dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Daerah melalui pembangunan dan penataan infrastruktur. Sehingga kedepan Kampung Boneka tidak hanya memproduksi boneka, tapi juga dapat menjadi tujuan wisata.

"Kami sangat berharap Kampung Boneka ini jadi objek wisata ekonomi kreatif atau pun menjadi Sentra Boneka Karawang. Tentunya hal itu dapat lebih mengoptimalkan potensi ekonomi kerakyatan yang saat ini dimiliki," ungkap dia. (asl)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar