Berikut Tips Aman dan Nyaman Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Jumat, 29 April 2022 17:03 WIB

Share
Mudik aman dan nyaman. (tangkap layar akun instagram @divisihumaspolri)
Mudik aman dan nyaman. (tangkap layar akun instagram @divisihumaspolri)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Tak hanya persiapan fisik yang prima saja untuk menjalankan mudik Lebaran, namun perlu juga diperhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan selama perjalanan pulang ke kampung halaman.

Berikut adalah tips mudik aman dan nyaman selama perjalanan ke kampung halaman:

1. Memeriksa kondisi kendaraan
Tak jarang kendala yang muncul selama perjalanan karena kondisi kendaraan yang belum sempat service berkala seperti mengganti oli mesin, mengecek kondisi ban, mengecek kondisi mesin, memastikan seluruh kondisi kendaraan, hingga bagian terkecil sudah tercek dengan baik.

2. Mempersiapkan perbekalan yang cukup
Untuk dapat menghemat pengeluaran selama perjalanan, pemudik dianjurkan untuk membawa perbekalan yang cukup selama perjalanan, seperti air minum dan snack ringan.

3. Tidak dianjurkan membawa muatan yang berlebihan
Tak jarang banyak pemudik yang membawa muatan dalam kendaraan baik roda empat atau roda dua yang melebihi kapasitas kendaraan. Hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya bawalah muatan secukupnya dan tidak mengganggu kenyamanan pengendara.

4. Memiliki asuransi perjalanan dan menjaga kesehatan
Banyak hal yang tidak akan terduga selama dalam perjalanan mudik. Oleh karenanya, para pemudik perlu melakukan persiapan yang detail seperti asuransi perjalanan. Hal ini sebagai proteksi jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.

Selain itu, perlu menjaga kondisi tubuh yang prima, jika mengantuk alangkah baiknya untuk beristirahat di tempat rest area yang sudah disiapkan dan serta patuhi rambu lalu lintas agar selamat sampai di tujuan.

Demikian beberapa tips yang mungkin dapat mengingatkan para pemudik untuk lebih berhati-hati selama dalam perjalanan. (Farhan)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar