Wisatawan Berjubel di Kawasan Wisata Lembang Bandung Barat, Polisi Lakukan One Way 

Rabu, 4 Mei 2022 15:12 WIB

Share
Wisatawan Berjubel di Kawasan Wisata Lembang Bandung Barat, Polisi Lakukan One Way 
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana saat meberikan keterangan pers kepada wartawan seputar pengamanan di kawasan wisata di Jawa Barat. (foto:ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak H 1 terus dijubeli wisatawan. Diperkiran sampai akhir pekan ini, wisatawan dalam mengisi waktur liburan lebarannya akan memadati kawasan wisata Lembang tersebut. Guna mengantisipasi kepadatan antrean kendaraan serta mengurai antrean kendaraan, polisi terapkan one way.

Pantauan Rabu pukul 13.00 WIB, kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Lembang mengular sejak dari depan Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudi Kota Bandung.

Antrean kendaraan juga berjubel di dekat objek wisata Farm House dan The Great Asia Africa (TGAA) Lembang. Banyak pengendara terutama roda empat, keluar masuk ke dua objek wisata tersebut.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan kepadatan lalulintas menuju kawasan Lembang sudah terjadi, Selasa 2 Mei 2022,.

Untuk mengurai kepadatan di ruas Jalan Raya Lembang, pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan cara bertindak one way sejak pagi hari.

"Untuk hari ini dari pukul 08.00 sampai siang sudah menerapkan 13 kali one way dari bawah (Kota Bandung) menuju Lembang. Ini kami fokuskan untuk pengunjung yang akan ke Lembang," ucap Sudirianto.

Menurutnya, skema one way tersebut perlu diterapkan karena mulai  H+1 lebaran ini ada peningkatan volume kendaraan 30 persen jika dibandingkan saat hari H lebaran dan akan terus bertambah sampai akhir libur lebaran nanti.

"Peningkatan kendaraan diperkirakan akan terus berlanjut sampai hari Minggu karena kita ketahui bahwa libur Lebaran sampai tanggal 9 Mei," katanya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan Jabar punya beberapa objek wisata mulai dari ada beberapa wisata Bogor, Pangandaran, Palabuhan Ratu, Lembang, dan Ciwidey.

Puncak kedatangan wisatawan khususnya ke kawasan Lembang diprediksi terjadi pada akhir pekan, mengingat libur Lebaran masih cukup panjang.

"Untuk kedatangan wisatawan kemungkinan sampai Minggu nanti terus berdatangan. Puncaknya bisa di Jumat dan Sabtu. Sehingga kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," ujarnya.

Mengingat padatnya kunjungan wisatawan ke Lembang, Polres Cimahi diinstruksikan untuk melakukan one way di ruas Jalan Raya Lembang.

"Kita ingin memberikan kemudahan pada wisatawan yang hendak ke Lembang dengan menerapkan one way di jalur arteri ini dari bawah ke Lembang. Nanti sore sampai malam kita akan lakukan penarikan dari atas (Lembang) ke bawah (Bandung) juga," ujarnya.

Suntana juga berpesan kepada wisatawan agar selalu berhati-hati selama berada di tempat wisata.

"Pengamanan di tempat wisata mempunyai tujuan untuk  memberikan kenyamanan terhadap wisatawan dan tolong hati hati jaga barang pribadi ikuti rambu-rambu dan arahan dari petugas," ujarnya. (Aris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar