Heboh Bakso Tikus di Karawang Ternyata Urat Daging Sapi, Ini Pernyataan Polisi 

Sabtu, 14 Mei 2022 10:27 WIB

Share
Heboh Bakso Tikus di Karawang Ternyata Urat Daging Sapi, Ini Pernyataan Polisi 
Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono menjelaskan perihal hasil pemeriksaan sampel bakso yang heboh pakai daging tikus. (foto:asl)

KARAWANG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Kegelisahan publik di Karawang atas beredarnya rumors bakso daging tikus yang tersebar melalui akun tik-tok kini terang benderang, setelah ada hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono menyebutkan, dari hasil laboratorium bakso diduga daging tikus ternyata urat daging sapi.

Aldi mengatakan dari pemeriksaan sisa bakso yang viral, hasil laboratorium menyatakan bakso tersebut negatif daging tikus.

Menurutnya, hari ini polisi merilis postingan yang sempat menghebohkan Karawang, di mana muncul di salah satu media sosial (medsos) bahwa di Karawang ada bakso tikus.

"Ini sempat menjadi bola liar, sehingga kami melakukan langkah-langkah cepat untuk mencari tahu wanita yang mengaplod. Kemudian, kami menemukan sisa bakso yang diduga mengandung tikus, dan kami melakukan penyelidikan di lokasi atau tempat yang menjual bakso tersebut, sehingga dua sampel ini kami kirim dan hasilnya akan disampaikan oleh pihak yang berkompeten menjelaskan," kata Aldi saat konferensi pers di Mapolres Karawang, Jum'at (13/5/2022).

Sambung Aldi, selama 4 hari ia mengakui telah berupaya menempuh langkah-langkah agar kehebohan soal bakso bisa diselesaikan dengan cepat hingga tidak menimbulkan permasalahan kembali.

"Langkah-langkah penyidikan kami tentunya ini sangat penting supaya menjawab bakso mengandung tikus atau tidak karena isu liar ini akan merugikan khususnya bagi pedagang bakso karena sangat mempengaruhi mindset orang untuk membeli bakso," jelasnya.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Pangan, dan Dinas Kesehatan Karawang juga Ketua Umum Paguyuban Mie dan Bakso (Papmiso) Indonesia turut dihadirkan untuk menjelaskan hasil pemeriksaan laboratorium.

Siti Komalaningsih Subkoordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmav) mengatakan dari hasil laboratorium bakso yang diduga tikus negatif dan merupakan bagian urat daging sapi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar