Mahasiswa STAI Idrisiyyah Harus Mondok di Pesantren, Ini Penjelasannya

Kamis, 19 Mei 2022 11:28 WIB

Share
Pimpinan Pesantren Idrisiyyah, Syekh Akbar Muhammad Faturrahman menekan tombol peresmian Kampus STAI Idrisiyyah di saksikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag), Suyitno. (foto:ist)
Pimpinan Pesantren Idrisiyyah, Syekh Akbar Muhammad Faturrahman menekan tombol peresmian Kampus STAI Idrisiyyah di saksikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag), Suyitno. (foto:ist)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Pondok Pesantren Idrisiyyah di Kampung Pagendingan, Dess Jatihurip Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya yang berdiri sejak 1932 , kini memiliki Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Idrisiyyah.

Pimpinan Pesantren Idrisiyyah, Syekh Akbar Muhammad Faturrahman, mengatakan, STAI Idrisiyyah akan menjadi kampus kaderisasi. Sebab, para calon mahasiswa yang ingin belajar di kampus itu diwajibkan untuk mondok di Pesantren Idrisiyyah.

"Karena proses pendidikan Islam tidak sekadar mencerdaskan dari aspek intilektual semata tapi kecerdasan emosional dan spiritualnya,"jelasnya, Kamis (19/5/2022),

Direktur Pendidikan Pesantren Idrisiyyah, ustadz Asep Deni menjelaskan, pendirian STAI Idrisiyyah bertujuan untuk membuat sesuatu yang baru dalam dunia pendidikan. Artinya, STAI Idrisiyyah harus memiliki perbedaan dengan perguruan tinggi lain. 

"Salah satunya, konsep STAI Idrisiyyah adalah pesantren untuk mahasiswa yang kuliah juga merangkap menjadi santri. Jadi mereka mondok di pesantren," kata dia.

Menurut dia, apabila mahasiswa hanya sebatas kuliah, telah banyak kampus yang memfasilitasinya. Namun, Pesantren Idrisiyyah ingin membentuk mahasiswa yang cerdas secara intelektual dan spiritual.

 "Kami ingin memadukan antara intelektual dan spiritual. Jadi mahasiswa bukan hanya pintar akalnya, tapi juga cerdas hatinya," ujar dia.

Ia menyebutkan, penerimaan mahasiswa baru di STAI Idrisiyyah akan dilakukan dalam waktu dekat dengan melibatkan para alumni Pesantren Idrisiyyah yang boleh kuliah di kampus itu, tetapi juga calon lulusan dari luar pesantren atau sekolah umum lain.

Saat ini, baru terdapat dua program studi yang terdapat di STAI Idrisiyyah. Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah. Namun, ke depannya Pesantren Idrisiyyah ingin menjadikan kampus itu sebagai universitas. Artinya, pilihan program studi di STAI Idrisiyyah akan lebih beragam.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler