DMI Dapat Bantuan dari Bupati Tasikmalaya Sebesar Rp 5 Miliar

Sabtu, 21 Mei 2022 11:25 WIB

Share
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (foto:kris)
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (foto:kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memberikan perhatian khusus kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tasikmalaya dengan menggelontorkan bantuan hibah senilai Rp 5 miliar.

Sedangkan untuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) mendapatkan Rp 1,8 miliar dan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah menerima Rp 300 juta.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tasikmalaya Asep Gunadi menjelaskan,  hibah DMI lebih besar daripada Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam NU dan Muhammadiyah karena yang menentukan anggaran bukan di Kesbangpol.

Melainkan limpahan dari Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda). Penentu jumlah besaran hibahnya juga diputuskan oleh Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) dan bupati.

”Kita hanya menerima limpahan, dalam bentuk angka hibahnya,” terang Asep Gunadi, Sabtu(21/5/2022)

Adapun total bantuan hibah DMI sebesar Rp 5 miliar tersebut, kata dia, untuk pengadaan kendaraan operasional pengurus DMI di 39 kecamatan. Berupa kendaraan operasional roda dua jenis Yamaha N-Max. ”Sudah direalisasikan, totalnya Rp 1,2 miliar. Untuk kisaran per unit sepeda motornya Rp 32,1 juta,” ujarnya.

Kemudian, anggaran lainnya digunakan untuk kegiatan operasional kesekretariatan, ATK di pengurus DMI kecamatan dan kabupaten. Selanjutnya, ada pembelian laptop, meubelair, honorarium kesekretariatan, kebutuhan sekretariat dan biaya operasional untuk kunjungan ke provinsi, daerah, bantuan stimulan operasional masjid, serta pemeliharaan.

”Termasuk di dalamnya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang 20 persen, juga program kegiatan unggulan peringatan hari besar dan kegiatan DMI. Jadi sudah include atas usulan DMI itu sendiri. Jadi totalnya Rp 5 miliar,” tuturnya.(Kris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler