Cegah Penyebarluasan Hepatitis Akut di Sekolah, Inilah yang Dilakukan Disdik Cimahi

Minggu, 22 Mei 2022 14:49 WIB

Share
Orang tua siswa di Cimahi diimbau untuk membekali anak-anaknya makanan dan peralatannya dari rumah guna pencegahan penyebarluasan hepatitis akut. (foto:ist)
Orang tua siswa di Cimahi diimbau untuk membekali anak-anaknya makanan dan peralatannya dari rumah guna pencegahan penyebarluasan hepatitis akut. (foto:ist)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, mulai membatasi aktivitas kantin sekolah, hal itu untuk mencegah penyebarluasan penyakit hepatitis akut di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjon  menghmbau kepada guru dan siswanya agar kegiatan atau aktivitas di kantin sekolah, di kurangi  karena dari informasi yang di terimanya, bahwa salah satu penularan hepatitis misterius tersebut bersumber dari aktifitas makan.

Diharapkan kepada  orang tua siswa untuk membekali anak-anaknya makanan dan peralatannya dari rumah.

"Yang bisa dilakukan, kami mengimbau agar anak-anak membawa makan sendiri sehingga gak perlu belanja di luar, beli makanan di kantin dan pedagang. Karena faktanya sekolah di kita banyak pedagang di luar," beber Harjono.

Bahkan Harjono menegaskan, untuk kantin sekolah akan tetap dibuka. Hanya saja untuk mencegah penularan penyakit hepatitis misterius tersebut pihaknya akan melakukan pembatasan kapasitas kantin sekolah maksimal 75 persen.

"Kalau kantin ditutup tidak mungkin karena bertentangan dengan SKB 4 Menteri. Akhirnya kantin dibatasi hanya 75 persen," tegas Harjono.

Sedangkan, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, untuk antisipasi awal pihaknya sudah menyebarluaskan informasi mengenai hepatisis akut tersebut kepada Puskesmas, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Apabila ditemukan ada anak-anak atau pasien yang bergejala serupa untuk segera dilakukan tindakan sesuai arahan Kemenkes," imbuh Dwihadi.

Dirinya menegaskan, sejauh ini belum ada warga Kota Cimahi yang dilaporkan terkena hepatisis misterius. Namun pencegahan akan tetap dilakukan pihaknya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler