Buruh Harus Mampu Berkarya, Berdaya dan Cerdas, Begini Penjelasan Bupati Bandung

Senin, 23 Mei 2022 13:20 WIB

Share
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna (tengah) ,Kadisnaker dan Sekda kabupaten Bandung berfoto bersama di acara peringatan buruh internasional di Soreang. (foto:ist)
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna (tengah) ,Kadisnaker dan Sekda kabupaten Bandung berfoto bersama di acara peringatan buruh internasional di Soreang. (foto:ist)

SOREANG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Bupati Bandung H.M.Dadang Supriatna, berpesan dalam memperingati Hari Buruh Internasional,  buruh harus mampu berkarya, berdaya dan cerdas. 

HM. Dadang Supriatna, yang akrab di panggil Kang DS ini, saat menghadiri peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh  pada 1 Mei,setiap tahunnya.

"Para buruh harus Bedas berdaya untuk kemajuan Kabupaten Bandung. Karena visi kita terwujudnya Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera (Bedas)," kata Kang DS, yang di dampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung H. Rukmana saat, Peringatan Hari Buruh Internasional tersebut di Gedung Moch Toha Soreang.

Menurutnya, peran buruh sangat penting. Tanpa kerja sama dengan para buruh, Bupati Bandung meyakini semua program tidak akan berjalan. 

"Salah satu bukti bahwa kita berkerjasama dengan para buruh dan pengusaha. Pada tahun 2021 lalu, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berat, saat itu dengan adanya kebersamaan, dan kekompakan alhamdulillah laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung meningkat 6 persen. Yang asalnya minus -1,80 persen, menjadi 3,58 persen. Selain itu  angka pengangguran di Kabupaten Bandung semakin berkurang," bebernya.

Logikanya, lanjut Kang DS, dalam kondisi pandemi Covid-19, angka pengangguran seharusnya bertambah. 

"Tetapi pada saat kemarin terbukti, bahwa yang asalnya 8,52 persen menurun menjadi 8,32 persen. Ini salah satu bukti antara pemerintah daerah ada komunikasi dan kerjasama dengan para buruh maupun dengan para pengusaha," ucap Kang DS.

"Dengan adanya kenaikan UMK dan segala hal lainnya, semua bisa dibicarakan dan dikomunikasikan. Kenapa, jangan sampai menghambat produksi di perusahaan tempat para buruh bekerja. Karena kalau menghambat produksi, akan merugikan kita semua," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung juga memberikan kesempatan dan kemudahan kepada berbagai pihak untuk berinvestasi di Kabupaten Bandung melalui kemudahan dalam proses perijinan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler