Jelang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022, Menteri Sosial Tinjau RSUD SMC Tasikmalaya, Ini Kegiatannya

Sabtu, 28 Mei 2022 22:07 WIB

Share
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyapa para peserta lanjut usia yang melakukan operasi katarak di RSUD SMC Jalan Rancamaya Kabupaten Tasikmalaya. (foto: Kris)***
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyapa para peserta lanjut usia yang melakukan operasi katarak di RSUD SMC Jalan Rancamaya Kabupaten Tasikmalaya. (foto: Kris)***

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (28/5/2022). Kunjungan ini sekaligus untuk menghadiri puncak acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 yang dipusatkan di Kabupaten Tasikmalaya.

Dari pantauan Poskota Jabar, rombongan Mensos tiba di Kab. Tasikmalaya sekitar pukul 15.00 WIB, yakni ke RSUD SMC Jalan Rancamaya Kab. Tasikmalaya Dalam kesempatan itu, Mensos menyapa para peserta lanjut usia yang melakukan operasi katarak. Selain itu ada kegiatan pemberian sembako dan kursi roda.

Menjelang Puncak Acara Peringatan HLUN ke 26 tahun 2022 yang jatuh pada 29 Mei 2022, kesibukan masyarakat Tasikmalaya semakin meningkat. Hal itu seperti tampak di kompleks SMK Plus Al Hasanah di Kecamatan Gunung Tanjung dan di Kantor Kecamatan Puspahiang.

Panitia, petugas terkait dibantu Tagana dan pilar-pilar sosial bahu membahu menyiapkan berbagai kelengkapan. Di antaranya pemasangan peralatan teleconference dan TV 50 inchi dan sound. Tampak tenda juga sudah berdiri lengkap dengan karpet dengan dekor, backdrop, meja kursi untuk tamu, undangan dan pendamping.

Dua lokasi ini merupakan bagian dari titik-titik aktivitas pelaksanaan Peringatan HLUN 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan di antaranya pemasangan umbul-umbul di titik-titik strategis yaitu jalan utama kecamatan, dan lokasi kegiatan.

Di Kantor Kecamatan Puspahiang, akan dihadiri sebanyak  309 lansia. Mereka akan menerima layanan yang dibagi menjadi 3 pos yaitu Pos Pelayanan Kesehatan, Pos Pelayanan Pengurusan E-KTP, Pemberian Bantuan Sosial serta senam lansia.

Selain itu, akan diberikan bantuan Atensi dari Sentra Budhi Perkasa Palembang berupa bantuan kewirausahaan, perabot rumah layak huni dan 2 ekor kambing (1 paket).

Bantuan Kebutuhan Dasar dan Nutrisi (beras, minyak goreng, sarden, sandang, susu, Vit. C) sebanyak 304 paket. Bantuan Aksesibilitas (kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak (24 paket). Ada juga bantuan Rumah Tidak Layak Huni  (RTLH).

Sedangkan di SMK Plus Al Hasanah akan menghadirkan 250 lansia. Mereka akan menerima layanan kesehatan, pelayanan E-KTP, dan pelayanan Vaksin Covid-19.

Pada saat acara, diberikan bantuan Atensi yakni nutrisi dan sandang 250 paket, kaca mata 7 set, kursi roda adaptif 16 unit, kursi roda standar 40 unit, alat bantu dengar 18 set, tongkat jalan 24 batang, walker 5 set, dan isian hunian RTLH 1 paket, dengan total bantuan senilai Rp548.705.000.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler