Beberapa Hal Unik dari Negara Swiss, Termasuk Netralitas Dalam Politik Dunia

Senin, 30 Mei 2022 10:39 WIB

Share
Beberapa Hal Unik dari Negara Swiss, Termasuk Netralitas Dalam Politik Dunia
Negara Swiss. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Swiss, negara di benua Eropa Tengah ini adalah negara teraman di dunia dan terkenal dengan netralitas politik luar negerinya. Tidak hanya itu, sebenarnya banyak sekali hal unik dan menarik dari negara tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, negara dari rumah Bangsa Helventians ini memiliki sejarah panjang dalam pembentukan negaranya.

Selama di bawah kekuasaan Kekaisaran Romawi pada abah ke-1 SM sampai abad ke-4 Masehi mencapai peradaban tinggi dengan menikmati hasil dari perdagangan yang berkembang. Hal ini terlihat bermunculan kota-kota besar di Swiss seperti Jenwa, Basel, Zurich.

Negara yang memiliki tanggal kemerdekaan pada 1 Agustus 1291 ini dibentuk atas kesepakatan beberapa keluarga yang menguasai beberapa wilayah di Swiss hingga memunculkan kesepakatan bersama terbentuknya negara Swiss.

Selain itu pemerintahan Swiss memiliki sistem pemerintaan yang unik dimana pada saat menjadi negara federal pada tahun 1848 Swiss di pimpin oleh tujuh kepala pemerintahan yang dipilih oleh Majelis Federal. Dikutip dari Ensiklopedi Britanica, ketujuh orang tersebut dapat dikatakan sebagai pemimpin utama dan menteri serta dewan eksekutif.

Hal yang lebih menarik adalah ketujuh orang tersebut bergantian menjadi presiden selama 1 tahun. Dengan kata lain, Swiss dipimpin oleh presidium yang terdiri dari 7 pemimpin dan 1 pemimpin sebagai pemimpin utama (Presiden utama).

Netralitas Swiss sudah terkenal di dunia internasional, dengan ditandai oleh banyaknya lembaga internasional yang bermarkas pusat di Swiss seperti PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), UNHCR, WHO, ILO.

Selain itu Swiss menjadi negara pendiri PMI Internasional tahun 1964 dalam perjanjian Jenewa I. Negara dengan ibu kota di Bern ini memilih sikap tidak berpihak dalam politik dunia. Ini  terungkap pada masa perang Napoleon ketika Prancis menduduki Swiss pada kongres Wina tahun 1814-1815, dimana Swiss memilih untuk tidak memihak manapun.

Swiss menjadi negara teraman di dunia. Mengutip dari Travel Risk Map 2020 sebuah lembaga yang menghitung resiko perjalanan antar negara, menetapkan negara paling aman pada tahun 2020 ialah Swiss di semua kategori seperti penyakit menular, politik dan keselamatan perjalanan serta tingkat kriminalitas yang rendah. Negara yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan Aplen ini memiliki pemandangan yang eksotis. (Farhan)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar