Bupati Garut Lantik Kades PAW Desa Ngamplang, Setelah Kades Sebelumnya Tersandung Kasus Hukum

Selasa, 31 Mei 2022 15:32 WIB

Share
Bupati Garut Lantik Kades PAW Desa Ngamplang, Setelah Kades Sebelumnya Tersandung Kasus Hukum
Bupati Garut Rudy Gunawan melantik Kades PAW Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu, Usep Agus, yang dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut. (foto: Ist./Kris)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Bupati Garut Rudy Gunawan melantik Usep Agus sebagai Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu.

Pelantikan dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (31/5/2022), bersamaan dengan dilantiknya pengurus Form Kabupaten Garut Sehat.

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengucapkanselamat kepada Kades Ngamplang yang dilantik dan menginstruksikan agar segera melakukan langkah-langkah serta meminta bimbingan dari Camat Cilawu.

"Saya pun kemarin ada keluhan dari para Camat, katanya kepala desa sudah mulai tidak patuh terhadap Camat, dan kami akan melakukan tindakan tegas, tidak boleh ada hal-hal yang berada dalam sub koordinasi yang menyimpang dalam pemerintahan," ujar Bupati.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap kepala desa yang melakukan penyimpangan setelah diingatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Bupati juga berharap desa mulai efektif dan efisien dalam melaksanakan fungsi-fungsinya.

"Saya juga berharap desa mulai efektif dan efisien melaksanakan fungsi-fungsi sebagaimana Undang-Undang Nomor 6 (tahun) 2014 tentang Desa, dan segala peraturan perundang-undangan di bawahnya, termasuk peraturan bupati yang mengatur alokasi dana desa yang diatur setiap tahun," katanya.

Sementara itu, Camat Cilawu, Anas Aulia Malik, menuturkan PAW ini dilakukan karena Kades Ngamplang sebelumnya tersandung kasus hukum, sehingga dilakukan pemilihan PAW yang dilaksanakan tanggal 31 April 2022 lalu.

"Hasilnya Alhamdulillah Pak Usep menjadi (kades) terpilih di Desa Ngamplang, ini masa jabatan 2017 sampai 2023, nah berarti sekitar 1 tahun (sisa jabatannya)," tuturnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar