Braga, Jalan Legendaris di Kota Bandung, Tempat Wisata Favorit yang Sarat Nilai Historis

Kamis, 2 Juni 2022 15:41 WIB

Share
Braga, Jalan Legendaris di Kota Bandung, Tempat Wisata Favorit yang Sarat Nilai Historis
Plang jalan Braga (tangkapan layar instagram @piandotcom)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Siapa yang tidak kenal Jalan Braga di Kota Bandung? Jalan ini memberikan suasana arsitektur zaman Belanda yang masih dijaga. Sehingga tidak lengkap rasanya jika saat di Kota Bandung tidak melewati kawasan Jalan Braga.

Menilik sejarahnya, Jalan Braga pada semula adalah sebuah jalan kecil di depan sebuah pemukiman yang cukup sunyi, sehingga sempat dinamakan Jalan Culiklal karena cukup rawan dan dikenal juga sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an.

Jalan Braga sudah ada pada zaman pemerintahan Hindia Belanda. Menurut catatan sejarah jalan ini dahulu sempat dijuluki jalan culik yang angker dan kerap menghilangkan banyak nyawa orang.

Sejak dahulu pula jalan Braga dikenal sebagai pusat kota yang memiliki beberapa pertokoan di sebuah bangunan-bangunan tua yang ada. Mulai saat itu, kawasan ini tidak hanya pertokoan saja, hadirlah barang-barang elite yang dijual, kesenian, hiburan, dan berbagai macam fasilitas lainnya ikut dibangun.

Seiring berjalannya waktu, Braga berkembang pesat menjadi sebuah kawasan metropolitan dengan bangunan-bangunan bergaya Eropa yang berdiri di kawasan ini.

Hingga akhirnya sekarang Jalan Braga dikenal sebagai tempat wisata ikonik di Kota Bandung. Kawasan ini sangat dijaga hingga saat ini, bangunan-bangunan tua dipertahankan sehingga masih menjadi daya tarik bagi siapapun yang sedang berada di Kota Bandung.

Penataan ulang kawasan ini sebagai tempat wisata pun dibuktikan dengan hadirnya beberapa toko dan bangunan lain yang ikut hadir. Seperti toko makanan, toko belanja, tempat nongkrong, hotel pun ada dan lainnya.

Bangunan-bangunan peninggalan bersejarah ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk berfoto ria di daerah ini. Salah satu aspek yang dipertahankan dari zaman dahulu yang menunjukan identitas sejarah kota Bandung yang berbeda dibandingkan dengan lokasi-lokasi lainnya.

Saat ini kawasan Jalan Braga cukup ramai, banyak tenant makanan, toko, kafe, bar, kursi untuk bersantai yang sengaja dihadirkan di area ini dan juga fasilitas lainnya untuk sekedar menikmati suasana berbeda di jalan ini.

Kawasan Braga tidak pernah sepi, dari pagi hingga malam pun masih dipadati oleh beberapa orang. Bisa dibilang ini adalah kawasan yang paling sering dikunjungi. (Desri)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar