Kodim 0612 Tasikmalaya Menggelar Sosialisasi Penanganan Mitigasi Bencana Alam

Minggu, 12 Juni 2022 16:58 WIB

Share
Kodim 0612 Tasikmalaya Menggelar Sosialisasi Penanganan Mitigasi Bencana Alam
Sosialisasi Mitigasi Bencana Penangggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya berlangsung di Gedung Juang. (foto: Ist./Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kodim 0612 Tasikmalaya memberikan sosialisasi Mitigasi Bencana Tahun 2022 dengan tema "Mitigasi Bencana Penanggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya Tahun 2022", Minggu (12/6/2022).

Sosialisasi Mitigasi Bencana Penangggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya berlangsung di Gedung Juang, Jalan Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa dan diikuti 25 peserta perwakilan dari 25 koramil perwakilan jajaran Kodim Tasikmalaya dan 100 orang dari Unit Penangulangan Bencana Kota Tasikmalaya.

Asops Kodam III/Siliwangi yang diwakili Letkol Inf Agus Indart(Pabandyalat ops Dam III/Siliwangi) membuka acara sekaligus memaparkan peran TNI khususnya Kodim 0612 Tasikmalaya dalam penanganan mitigasi bencana.

Menurut Agus, tujuan utama dari mitigasi bencana adalah mengurangi kerugian akibat dampak bencana dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan mengurangi paparan serta meningkatkan ketahanan masyarakat melalui kesiapsiagaan, Tanggap Darurat dan pemulihan.

Disebutkan, tataran kewenangan TNI diantaranya memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam proses mitigasi wilayah rawan bencana, melaksanakan perintah operasi tugas pasukan reaksi cepat penangulangan bencana tingkat Kodim.

Serta, mempersiapkan potensi masyarakat dan memperkuat sumberdaya daerah, lalu mempersiapkan sarana dan prasarana di daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan penangulangan bencana alam.

"Sehingga perlu adanya koordinasi dengan Satuan, Dinas atau Instansi terkait pada tataran BPBD Kabupaten/Kota, serta membantu mengendalikan penangulangan bencana alam di daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Tasikmalaya Ucu Anwar mengimbau kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini secara maksimal, sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam pelaksanaan penangulangan bencana.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas Kodim 0612/Tasikmalaya dengan BPBD Tasikmalaya," ujarnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar