Hari Hipertensi Sedunia, Tes Kesehatan Sasar Ratusan Pelajar di Kota Tasikmalaya, Ini Tujuannya

Selasa, 14 Juni 2022 13:37 WIB

Share
Hari Hipertensi Sedunia, Tes Kesehatan Sasar Ratusan Pelajar di Kota Tasikmalaya, Ini Tujuannya
Dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia, siswa Sekolah SMAN 5 Kota Tasikmalaya melakukan Tes Kesehatan. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ratusan pelajar di Kota Tasikmalaya mengikuti Tes Kesehatan, Selasa (14/6/2022). Kegiatan ini dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2022 atau World Hypertension Day.

Momentum tahunan Hari Hipertensi Sedunia ini diperingati untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya mengetahui penyebab, gejala, faktor risiko, hingga cara mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan hipertensi sebagai kondisi yang terjadi ketika tekanan sistol terukur lebih dari 140 mmHg, dan tekanan diastol terukur lebih dari 90 mmHg.

Diprediksi sebanyak 25 persen orang dewasa di seluruh dunia, akan mengalami hipertensi di tahun 2025 mendatang. Penyakit ini juga telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, di mana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara, yang sepertiga populasinya menderita hipertensi.

Dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia, ratusan pelajar di Kota Tasikmalaya mengikuti Tes Kesehatan. "Kegiatan tes kesehatan ini dalam rangka menbamput Hari Hipertensi sedunia," kata Petugas Puskesmas Tawang Kota Tasikmalaya dr Fitri Rahmawati, Selasa (14/6/2022)

Menurut Fitri, sasaran yang dilakukan yakni siswa sekolah yang pada umumnya masih remaja. Petugas melakukan pemeriksaan mulai dari tekanan darah, gula darah, lingkar perut, kejiwaan, pendengaran telingga, tinggi badan, dan berat badan.

"Hasil semua pemeriksaan akan direkap terlebih dahulu dan bilamana ada keluhan kita akan kembali mendatangi pihak sekolah dengan konsultasi kepada guru Bimbingan Konseling (BK).

Disebutkan, siswa yang melakukan tes kesehatan untuk hari ini sebanyak 50 orang, dijadikan sampel dan juga dilakukan di sejumlah sekolah lainnya di Kota Tasikmalaya.

"Alhamdulillah semua siswa seperti di Sekolah SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya ini semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun," tuturnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar