Pemkab Garut dan Belitung Jajaki Kerjasama Hubungan Luar Negeri dengan Jepang

Rabu, 15 Juni 2022 20:43 WIB

Share
Pemkab Garut dan Belitung Jajaki Kerjasama Hubungan Luar Negeri dengan Jepang
Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima kunjungan kerja Bupati Belitung Sahani Saleh, bersama rombongan, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (15/6/2022). (foto: Ist.)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Garut dan Belitung akan menjajaki kerjasama hubungan luar negeri dengan Pemerintah Jepang.

Penjajakan itu akan dilakukan bersama, mengingat Kabupaten Garut terlebih dahulu melakukan kerjasama yang berbuah diterimanya hibah sarana pemadam kebakaran.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, saat menerima kunjungan kerja Bupati Belitung Sahani Saleh, bersama rombongan,  di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (15/6/2022).

Bupati Garut menuturkan bahwa kunker Bupati Belitung ini dalam rangka  Koordinasi dan Konsultasi Optimalisasi Pemanfaatan Belanja Tidak Terduga (BTT) dan Penerimaan Hibah Sarana Pemadam Kebakaran dari Luar Negeri.

"Kami dengan (Kabupaten) Belitung akan mengadakan kerjasama hubungan luar negeri. Kami berbarengan nanti dengan Pak Sahani, sama-sama kita mau ke Jepang dulu, karena Garut kan (dulu) sudah ada kerja sama,” ujar Rudy Gunawan seusai pertemuan dengan Bupati Belitung.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga ingin melakukan kerja sama dengan Kabupaten Belitung, dalam rangka pengelolaan pajak restoran dan hotel, karena pengelolaan pajak yang dipimpin oleh Sahani Saleh ini terbilang sudah maju.

"Jadi tujuan ke sini itu beliau ingin melakukan kerja sama, tapi kami pun ingin mengadakan kerja sama juga dengan beliau mengenai pengelolaan untuk pajak restoran dan hotel, beliau sudah maju lah, jadi kami berguru kesana,” katanya.

Bupati Garut menyebutkan, Kabupaten Belitung memiliki banyak kelebihan yang mungkin bisa diadopsi oleh Kabupaten Garut, salah satunya terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih besar dibandingkan dengan Kabupaten Garut.

"Beliau ini mampu mengembangkan PAD-nya yang tinggi, PADnya lebih tinggi daripada kita. Penduduknya 180 ribu, kita 2,7 juta ya tapi juga PAD nya banyak (Belitung), karena disana sudah ada hotel-hotel yang cukup besar, ada hotel-hotel bintang lima, bintang empat, bintang tiga, ada lapang golf, dan sebagainya pokoknya lengkap lah,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh, mengungkapkan, pihaknya berharap melalui kerja sama antara pihaknya dengan Pemkab Garut ini, bisa menghasilkan bantuan yang berasal dari negara Jepang. Terlebih, Kabupaten Garut sebelumnya sudah pernah mendapatkan hibah dari Jepang dengan mendapatkan beberapa kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar).

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Kris
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar