DPC PJI Kabupaten Indramayu Gandeng Perumdam Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Berikut Kegiatannya

Senin, 20 Juni 2022 20:40 WIB

Share
DPC PJI Kabupaten Indramayu Gandeng Perumdam Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Berikut Kegiatannya
DPC PJI Indramayu dan Perumdam Tirta Darma Ayu mengadakan sosialisasi di intek bendungan baru Waduk Bojong Sari Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Senin (20/6/2022). (foto: Tosim)

INDRAMAYU, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Kabupaten Indramayu menggandeng Perumdam Tirta Darma Ayu mengadakan sosialisasi di intek bendungan baru Waduk Bojong Sari Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Senin (20/6/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua DPC PJI Indramayu Eka Mardiana,  Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Ady Setiawan, Kadis DLH Indramayu Aep Surahman, Kasi Intel Kejaksaan Gunawan, Kapolsek Indramayu AKP Suhendi, Camat Indramayu Indra Mulyana, Lurah Bojong Sari Riska Dwi Febriani.

Ketua DPC PJI Indramayu Eka Mardiana mengatakan, kegiatan sosialisasi bakti lingkungan hidup dengan menjaga kebersihan air sungai Cimanuk yang mengalir ke intek bendungan baru Waduk Bojong Sari, karena waduk Bojong Sari sebagai penampungan air baku Perumdam Tirta Darma Ayu.

"Saya menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar bendungan waduk Bojong Sari jangan sampai membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh DPC PJI Indramayu berlangsung Senin 13 sampai 2022 Juni 2022 di bendungan baru intek Waduk Bojong Sari.

Ada lima kegiatan yang dilakukan oleh DPC PJI, antara lain memotong rumput, membersihkan tumpukan sampah sungai Cimanuk di intek bendungan baru menuju waduk Bojong Sari, mengangkat lumpur di saluran irigasi yang menuju Waduk Bojong Sari sebagai penampungan air baku Tirta Darma Ayu, serta membuat bak sampah dan sosialisasi kepada warga.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Indramayu Indra Mulyana mengatakan bahwa jembatan yang berada di bendungan baru intek waduk Bojong Sari di tahun 2023 akan ditinggikan, karena salah satu penyebab menumpuknya sampah di bendungan baru tersebut.

"Bupati sudah merencanakan di tahun 2023 jembatan yang berada di bendungan baru intek Waduk Bojong Sari akan segera ditinggikan," ucapnya

Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pada DPC PJI Indramayu yang sudah peduli pada lingkungan. Kegiatan ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai sampah yang berada di intek bendungan baru menuju Waduk Bojong Sari sebagai penampungan air baku Perumdam Tirta Darma Ayu, agar betul-betul dari hilir sampai ke waduk Bojong Sari bersih tanpa adanya sampah.

"Kalau pengolahan air baku yang berada di sumber cukup bagus, kita tidak ada kesulitan untuk mengolah dan kami tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk mengolah. Sehingga kita bisa menekan biaya produksi, dan juga keuntunganya bisa untuk membangun Indramayu. Tapi ketika kualitas airnya sudah penuh dengan sampah maka biaya pengolahan cukup tinggi, otomatis tarifnya juga akan membebani masyarakat," katanya.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar