Dirjen WHO Apresiasi Indonesia Dalam Menangani Pandemi Covid-19, Berikut Penjelasannya

Selasa, 21 Juni 2022 20:25 WIB

Share
Dirjen WHO Apresiasi Indonesia Dalam Menangani Pandemi Covid-19, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (foto: Pixabay/KitzD66)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengapresiasi Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 selama ini.

Hal itu disampaikan Tedros saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/06/2022).

Dirjen WHO menilai Indonesia merupakan salah satu negara dengan pencapaian terbaik di bidang vaksinasi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

"Dirjen WHO berbicara mengenai masalah vaksinasi dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement kalau dibandingkan dengan rata-rata achievement, yang dicapai oleh negara-negara di dunia," ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangan pers seusai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut, seperti dilansir laman resmi setkab.

Selain itu, Dirjen WHO turut menilai sistem kesehatan utama dan asuransi kesehatan wajib di Indonesia telah berjalan dengan baik. WHO pun menyatakan masih terus melakukan pengawasan terhadap pandemi meski kasus Covid-19 di dunia sudah mulai stabil.

"Tadi disampaikan juga oleh Dirjen bahwa walaupun situasi kasus Covid-19 di dunia sudah mendatar, namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus munculnya varian-varian baru," ucap Retno.

Dirjen WHO juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia dalam kepemimpinannya di G20. "Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," ujar Retno.

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Sementara Dirjen WHO didampingi oleh Pj. Perwakilan WHO untuk Indonesia Shalala Ahmadova. (van)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar