Kapolda Jabar Bersama Forkopimda Garut Tebar 7,6 Juta Benih Ikan Air Tawar di Situ Bagendit, Pecahkan Rekor MURI

Rabu, 22 Juni 2022 20:13 WIB

Share
Kapolda Jabar Bersama Forkopimda Garut Tebar 7,6 Juta Benih Ikan Air Tawar di Situ Bagendit, Pecahkan Rekor MURI
Kapolda Jabar bersama Forkopimda Garut menebar 7,6 juta benih ikan air tawar di Situ Bagendit. (foto: Ist./Kris)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menginisiasi kegiatan penebaran 7,6 juta ekor benih ikan di objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Rabu (22/6/2022).   

Penebaran benih ikan yang dilaksanakan bersama Forkopimda Garut itu berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Kegiatan ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 yang mengusung tema "Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh".

Penebaran benih tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Suntana dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, penebaran 7,6 juta ekor benih ikan ini dilakukan di salah satu tempat legendaris di Garut yaitu Situ Bagendit. Ia meyakini, kegiatan ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat Garut.

"Ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa, karena Bagendit ini dulu dijadikan mata pencaharian banyak orang. Mereka memancing, hasil pancingannya banyak, (kemudian) dijual," ucapnya.

Rudy memaparkan, sejak dahulu ikan yang berasal dari Situ Bagendit ini terkenal dengan rasanya yang lezat. Bahkan, hasil tangkapan ikan dari Situ Bagendit ini dijual ke beberapa daerah di Garut seperti di Kecamatan Wanaraja dan Garut Kota.

"Nah sekarang pun ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, dan ini adalah ide yang luar biasa. Kalau pariwisatanya kita ini terus dikembangkan," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya penebaran sebanyak 7,6 juta ekor benih ikan ini dapat memberikan harapan kepada masyarakat Garut untuk memancing di Situ Bagendit.

"Ini ikan bebas diambil oleh masyarakat Garut sesuai dengan ketentuan, dan ini cukup tidak perlu ditanam lagi beberapa tahun. Tapi yang penting adalah ini apresiasi kepada Polri yang juga memberikan harapan kepada warga disini mancingnya, kalau ada mancing kan top mantap lah," tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol. Suntana mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menstimulan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Garut.

Halaman
1 2 3
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar