Usman Rachman Usulkan Nama Jalan Soedarna TM di Kota Cimahi, Begini Penjelasannya

Rabu, 22 Juni 2022 13:45 WIB

Share
Usman Rachman Usulkan Nama Jalan Soedarna TM di Kota Cimahi, Begini Penjelasannya
Tokoh masyarakat dan salah seorang perintis Kotif Cimahi menjadi Kota Otonom H Usman Rahman. (foto:Bagdja)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Salah seorang perintis Kota Cimahi dari Kota Administratif menjadi Kota Otonom, H. Usman Rachman dari LSM Fopdar yang bergabung dengan Sekretariat Bersama (Sekber) Kota Cimahi mengungkapkan soal jasa mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Drs H Soedarna TM, SH (Alm).

"Tanpa adanya Soedarna TM dan istrinya Hj R Oyamah, Cimahi Otonom tidak akan terbentuk secara mulus,"jelas Usman Rachman saat di konfirmasi di rumahnya, Selasa (21/6/2022).

"Didalam buku terbentuknya Kotif menjadi Kota Otonom, disini ada tulisan In memorium dan ungkapan terimakasih, urutan nomor 2, tercatat Bapak H Soedarna TM," ungkap Usman.

Jadi maksud Usman, Soedarna TM, merupakan orang yang memfasilitasi dengan kewenangannya sebagai Wakil Gubernur pada saat itu,

"Dan tidak melanggar ketentuan perundang-undangan, untuk mewujudkan Kota Cimahi menjadi Kota Otonom," tandasnya.

Selanjutnya kata Usman, salah satunya pemerintahan Kota Cimahi yang telah mengundang putranya Soedarna, 

"Tapi tidak hanya sekedar mengundang, karena Pak Soedarna itu bukan tokoh sekedar ikut-ikutan, itu salah besar, justru Pak Soedarna itulah sebagai tokoh pemikir, tokoh penggerak, dan tokoh yang menuntun, karena yang menuntun itu merupakan penengah," ucap Usman.

Karena sepengatahuan Usman, Soedarna TM sangat memiliki andil yang sangat besar dalam perjuangan Kota Cimahi menjadi otonom tersebut,

"Bahkan dalam pergerakan pejuangan Cimahi otonom tersebut, saya tahu persis, para putranya ikut berjuang dengan dikomandoi oleh Istri beliau Ibu Oyamah, sampai ngawal teman-teman dari Sekber, yaitu Lucky," terangnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar