Pendataan Bantuan Set Top Box Rampung Juni, Ini Syaratnya Warga Cimahi Dapatkan STB

Sabtu, 25 Juni 2022 16:11 WIB

Share
Pendataan Bantuan Set Top Box Rampung Juni, Ini Syaratnya Warga Cimahi Dapatkan STB
Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kota Cimahi, Mochamad Ronny. (foto:Doc Bagdja)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Bantuan Set Top Box (STB) untuk warga Cimahi yang masih memiliki televisi analog, pendataannya akan rampung diakhir bulan Juni 2022

Hal itu diungkapkan  Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Cimahi, Mochamad Rony. Bahkan kata Rony,  pihaknya masih melakukan pendataan terhadap warga yang akan menerima bantuan STB  yang berfungsi untuk menangkap siaran televisi digital pada televisi analog, dan prosesnya sampai saat ini masih dalam merapikan data.

"Sekarang kita masih pendataan untuk calon penerimanya. Mudah-mudahan sebelum tanggal 31 Juni sudah lengkap datanya," kata Ronny, Sabtu (25/6/2022).

Siaran TV analog di Kota Cimahi kemungkinan besar akan dihentikan pada Agustus mendatang. Nantinya siaran TV akan bermigrasi ke sistem siaran digital sesuai amanat Undang-undang Cipta Kerja.

Rony menegaskan, tidak semua warga akan mendapatkan bantuan STB, sebab ada sejumlah persyaratan. Di antaranya harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Rumah Tangga Miskin (RTM).

Berdasatkan data terakhir yang diterima Diskominfo, jumlah DTKS di Kota Cimahi ada sekitar 80 ribu Kepala Keluarga (KK). Namun belum tentu semuanya masuk kriteria sebab ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

"Syaratnya itu yang pasti punya TV analog. Kalau televisi yang lead itu enggak dapat. Kita sudah mulai sosialisasikan kepada warga," ujar Ronny.

Setelah pendataan rampung, lanjut Ronny, nantinya datanya akan disearahkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. STB tersebut ditargetkan sudah terdistribusi maksimal 25 Agustus mendatang.

"25 Agustus harus sudah terdistribusikan. Makannya sebelum tanggal 25 Agustus data harus sudah disampaikan ke Kominfo," ujarnya. (Bagdja)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar