Mengenal Gangguan Mental Bipolar, Berikut Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Selasa, 28 Juni 2022 13:56 WIB

Share
Mengenal Gangguan Mental Bipolar, Berikut Penyebab, Gejala dan Penanganannya
Ilustrasi seseorang tengah mengalami perubahan mood secara drastis. (pixabay).

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kabar hilangnya artis Marshanda atau biasa dipanggil Caca sedang ramai diperbincangkan. Namun menurut kabar terakhir, Marshanda sudah ditemukan dan dalam kondisi baik-baik saja. Bahkan ada yang menyebut bahwa Marshanda sebenarnya tidak hilang.

Sebelumnya Marshanda sempat dikabarkan hilang diduga karena gangguan bipolar yang dideritanya. Hal tersebut seperti disampaikan oleh sahabat terdekatnya yaitu Sheila. Ia menuliskan bahwa bipolar Marshanda sedang kambuh.

Terlepas seperti apa perkembangan Marshanda saat ini, perlu diketahui apa penyakit bipolar itu.

Apa arti Bipolar.

Dikutip dari beberapa sumber, bipolar atau gangguan bipolar (bipolar disorder) merupakan sebuah penyakit gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan yang sangat dratis terhadap mood atau suasana hati seseorang. Penderitanya dalam sekejap dengan mudahnya merasakan bahagia dan tiba-tiba kemudian berubah menjadi sedih atau biasanya disebut perubahan mood yang ekstrim.

Pada beberapa kondisi, bipolar dibagi menjadi 2 episode. Yaitu episode pertama adalah manik depresi yang dimana kondisi seseorang sedang terlalu bersemangat, penuh energi dan merasa hebat sehingga dapat melalukan hal apapun.

Sementara untuk episode kedua adalah episode depresi, kondisi dimana penderita merasa down, sehingga penderita tidak dapat melakukan aktivitas apa-apa dan hanya berdiam diri selain itu bisa merasakan sedih, gelisah dan juga khawatir.

Gejala dan Penyebab Bipolar.

Gejala utama yang dapat terlihat dari penderita bipolar adalah perubahan mood atau suasana hati yang sangat drastis. Perubahan ini bisa terjadi dalam waktu dan kondisi apapun. Namun beberapa gejala secara umum bisa sebagai berikut:

  • Perasaan bahagia atau antusias
  • Perasaan semangat yang terlau menggebu-gebu
  • Sulit tidur atau insomnia
  • Tidak adanya minat terhadap sesuatu
  • Perasaan bersalah
  • Hilangnya atau meningkatnya nafsu makan

Penyebab bipolar tidak diketahui secara pasti namun biasanya bisa dipicu karena stress berat, trauma, lingkungan atau bahkan faktor genetik.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar