Setelah Direvitalisasi, Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya Kini Lebih Tertata, Nyaman dan Aman Dari Copet

Rabu, 29 Juni 2022 11:21 WIB

Share
Setelah Direvitalisasi, Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya Kini Lebih Tertata, Nyaman dan Aman Dari Copet
Seorang pengunjung pasar sedang membeli kebutuhan bahan pokok. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR POSKOTA.CO.ID - Setelah dilakukan revitalisasi, kini Pasar Tradisional Pancasila (Pasar Pancasila Jabar Juara) di Kota Tasikmalaya, atau dikenal dengan Pasar Resik II, kondisinya lebih tertata, nyaman dan aman.

Menurut para pedagang, pasar ini sejak dahulu dikenal kumuh dan banyak pencopet. "Sekarang bersih dan nyaman tanpa ada orang jail seperti pencopetan yang sering terjadi setiap blok," ujar H. Iis Lisnawati pedagang kelontongan A1 dan A2, kemarin.

Iis mengaku, sejak dahulu dan sekarang setelah direvitalisasi kondisnya sangat berbeda. "Kalau sekarang lebih nyaman orang berbelanja di Pasar Pancasila meskipun sempit tapi lebih nyaman," ucapnya.

Hal senada diungkapkan pengunjung Pasar Pancasila Dede Rohim (45) warga Bebedahan. Ia mengakui kondisi pasar saat ini memang jauh lebih baik dibanding pasar sebelum dibangun.

"Untuk sekarang lebih nyaman, dibandingkan dulu, yah contohnya kalau kita akan melaksanakan sholat dzuhur agak susah, apalagi buang air besar, kalau sekarangkan lebih praktis," katanya.

"Saya berharap pembangunan pasar seperti ini, bisa dilakukan di pasar lainnya. Kalau bisa diperlebar untuk para PKL kasihan para PKL memisahkan diri, apalagi kalau siang jalur angkutan umum itu, malah digunakan tempat parkir," tambahnya.

"Yah kami mohon untuk dikembalikan lagi ke semula, dan saya mohon kepada pemerintah provinsi maupun kota Tasikmalaya, jalur angkutan umum untuk kembali digunakan untuk para pengunjung pasar, karena kasihan mereka harus berhenti dan berjalan kaki dari pertigaan itu," ucapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas KUKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Tedy Setiadi saat ditemui di komplek perkantoran Jalan Ir Juanda mengatakan, setelah dibangun Pasar Pancasila terlihat lebih nyaman dan aman, beberapa petugas security selalu melakukan penjagaan di area pasar.

"Untuk jumlah kios dan los di Pasar Pancasila ada peningkatan jumlah kios maupun los, semula 304 kini menjadi 334, dan PR kita tinggal bagaimana cara meningkatkan omzet pedagang, terutama pedagang di lantai dua," tuturnya.

"Pedagang lantai dua belum ramai pengunjung dan kita perlu ada sarana pendukung. Mungkin eskalator, untuk mempermudah konsumen naik ke atas. Meski demikian secara umum baik pedagang atau pembeli, merasa jauh lebih nyaman," ujarnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar