Beli Pertalite dan Solar Menggunakan Aplikasi MyPertamina, Simak Cara Pendaftarannya

Kamis, 30 Juni 2022 15:28 WIB

Share
Beli Pertalite dan Solar Menggunakan Aplikasi MyPertamina, Simak Cara Pendaftarannya
Ilustrasi pengisian BBM. (pixabay).

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Mulai besok tanggal 1 Juli 2022 PT Pertamina Patra Niaga mewajibkan masyarakat mendaftar aplikasi MyPertamina terlebih dahulu sebelum membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan juga Solar.

Alasan Pertamina memberlakukan penggunakan aplikasi ini karena untuk meminimalisir pemberian subsidi bahan bakar minyak kepada konsumen yang tidak berhak mendapatkannya. Oleh karena itu, diharapkan penggunaan aplikasi ini bisa menjadi langkah agar pertalite dan solar bisa tepat sasaran.

Namun, untuk masa percobaan ini Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan bahwa pendaftaran melalui MyPertamina tersebut baru berlaku untuk kendaraan roda 4 ke atas. Artinya pengendara motor tidak perlu mendaftarkan aplikasi MyPertamina untuk saat ini.

Rencananya Pertamina pada tahap awal ini akan melakukan uji coba di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Berikut langkah-langkah mendaftar aplikasi MyPertamina:

  1. Siapkan dokumen berikut seperti KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya untuk pendaftaran.
  2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id.
  3. Centang informasi memahami persyaratan.
  4. Lalu klik 'daftar sekarang'.
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut dengan mengisi data diri.
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran secara berkala di website.
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, konsumen dapat mengunduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Demikian beberapa langkah untuk mendaftar aplikasi MyPertamina. Siapkan syarat-syarat tersebut sebelum membeli Pertalite atau Solar. (Desri)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar