Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Sungai Citanduy Kota Banjar, Ini Kronologisnya

Kamis, 30 Juni 2022 22:40 WIB

Share
Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Sungai Citanduy Kota Banjar, Ini Kronologisnya
Tim SAR Gabungan menemukan korban tenggelam di Sungai Citanduy Kota Banjar dalam kondisi meninggal dunia. (Tim SAR).

BANJAR, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Tim SAR Gabungan menemukan korban tenggelam di Sungai Citanduy Kota Banjar dalam kondisi meninggal dunia, Kamis (30/6/2022) sore. Jasad korban ditemukan sekitar 2 km dari lokasi kejadian awal.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril mengatakan, Tim SAR Gabungan telah menemukan korban tenggelam yang diketahui bernama Kamisun (58) dalam keadaan meninggal dunia. Korban merupakan warga Kelurahan Karangpanimbal Rt 27/12 Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Jasad korban kemudian dibawa ke RSUD Kota Banjar.

Disebutkan, dengan telah ditemukannya korban maka operasi pencarian dinyatakan selesai dan seluruh unsur SAR yang terlibat kembali ke satuannya masing masing.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat Kota Banjar digegerkan dengan informasi orang hanyut di Sungai Citanduy pada Rabu (29/6/2022). Kabar adanya orang yang hanyut itu, kali pertama dilihat oleh Yuyun, warga Pasar Banjar ketika sedang membersihan sisa makanan.

Saat itu, Yuyun melihat ada orang yang melambaikan tangan seperti meminta pertolongan dan hanyut di Sungai Citanduy yang arusnya cukup deras. Sontak dia terkejut dan berteriak minta tolong ke warga masyarakat setempat.

"Iya saya lagi membersihan piring sisa makan di dapur, karena posisi dapur menghadap langsung ke Sungai Citanduy sehingga jelas terlihat," katanya kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan membagi tim menjadi 5 SRU (Search and Rescue Unit). SRU 1, 2, 3, 4 melakukan penyisiran dari Bendungan Dobo sampai ke Bendungan Manganti dengan menggunakan LCR Basarnas, LCR BPBD Banjar, LCR BPBD Ciamis dan LCR Tagana. Sedangkan SRU 5 melakukan pemantauan di Bendungan Manganti.

Unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Pos SAR Tasikmalaya, BPBD Kota Banjar, BPBD Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Rider 323, PMI Kabupaten Ciamis, PMI Kota Banjar, Dishub Kota Banjar, Tagana Kota, Kab Banjar, Ciamis, RAPI Kota Banjar, RAPI Kab Ciamis, ORARI Kota Banjar, ORARI Ciamis dan relawan lainnya ikut melakukan pencarian. (Kris)***

Komentar ditutup untuk berita ini.