Kabupaten Garut Miliki Balai Rehabilitasi Adhyaksa, Ini Tujuannya

Sabtu, 2 Juli 2022 15:49 WIB

Share
Kabupaten Garut Miliki Balai Rehabilitasi Adhyaksa, Ini Tujuannya
Peresmian Balai Rehabilitasi Adhyaksa Kabupaten Garut. (foto: Humas)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Garut, Neva Sari Susanti, meresmikan Balai Rehabilitasi Adhyaksa Kabupaten Garut di Kampung Cimurah, Desa Cimurah, Kabupaten Garut, Sabtu (2/7/2022).

Hal itu seiring dengan peresmian serentak Balai Rehabilitasi Adhyaksa di 34 Kejaksaan Negeri dari 10 wilayah hukum Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia, secara daring.

Balai Rehabilitasi Adhyaksa di 34 Kejari itu diresmikan langsung oleh Menkopolhukam RI, Mahfud MD, yang digelar di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengungkapkan rasa terimakasihnya atas adanya Balai Rehabilitasi di Kabupaten Garut. Balai rehabilitasi yang pada awalnya merupakan Klinik Atma ini juga memiliki ruang lingkup terkait penanggulangan narkoba.

Dengan peresmian itu, menurut wabup, semakin mengokohkan Kabupaten Garut memiliki sentral atau pusat rujukan untuk korban penyalahgunaan narkoba di Kab. Garut bahkan juga di wilayah Priangan Timur.

"Pusat rujukan tadinya hanya untuk Garut ya, tapi ternyata Pak Kajati dan Ibu Kajari juga mendukung bahwa ini menjadi pusat rujukan Priangan Timur, sebagai yang disebutkan tadi beberapa kabupaten Priangan Timur nanti rujukannya kesini," katanya.

Ia menyebutkan, Pemkab Garut memberikan dukungan berupa Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dokter spesialis jiwa yang akan menangani para pecandu narkoba, serta tenaga kesehatan lainnya yang sudah dilatih.

"Sekarang harus ada pelatihan khusus untuk narkoba perawatnya, dokter umumnya, kemudian juga SDM yang lainnya yang mendukung bagaimana beroperasi klinik ini dengan baik ya," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa dirinya telah berkonsultasi dengan Bupati Garut Rudy Gunawan terkait pembangunan gedung baru untuk Balai Rehabilitasi Adhyaksa Kabupaten Garut ini.

"Mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal nanti rumah sakit. Jadi tadi ada Klinik Atma-nya, ada klinik Balai Rehabilitasi Adhyaksa-nya. Mudah-mudahan ini cikal bakal menjadi rumah sakit yang jadi rujukan Priangan Timur juga," kata Wabup.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar