Makna Berdoa di Akhir Tahun dan Awal Muharram, Ini Penjelasan Buya Yahya

Kamis, 28 Juli 2022 10:28 WIB

Share
Makna Berdoa di Akhir Tahun dan Awal Muharram, Ini Penjelasan Buya Yahya
Buya Yahya. ( Foto YouTube Al Bahjah TV)

JABAR.POSKOTA.CO.ID – Berdoa di akhir dan awal bulan Muharram, sangat dianjurkan, walaupun tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

Demikian penjelasan Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, Yahya Zainal Ma'arif atau Buya Yahya menjelaskan tentang doa akhir tahun dan doa awal bulan Muharram.

Buya Yahya menjelaskan hal tersebut dalam kanal YouTube Al Bahjah TV dengan judul "Apakah Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Bid'ah? | Buya Yahya Menjawab yang tayang pada 12 September 2018.

Menurut Buya, berdoa di akhir tahun dan awal bulan Muharram memang sangat dianjurkan, kendati tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

Berdoanya boleh setiap saat atau kapan saja, pagi, siang, sore, malam, atau kapan saja.

"Berdoanya boleh setiap saat, kalau tidak bisa setiap pagi dan sore boleh, setiap minggu. Kalau berdoa setahun sekali ya silahkan," kata Buya Yahya.

Ia menjelaskan, doa akhir tahun dan doa awal bulan Muharram itu memiliki makna cukup bagus, yakni untuk introspeksi diri, evaluasi diri dan berharap kepada Allah SWT.

Mengenai doa yang dipanjatkan, kata dia, tidak ada yang khusus, demikian pula bahasa yang digunakan.

Memang, jelasnya, ketika berdoa, lebih bagus dengan membaca doa yang lafadznya diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Tetapi, jika ingin berdoa dengan bahasa sendiri pun, di awal bulan Muharram ini, boleh dan tidak ada larangan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar