Lakukan Langkah Preventif dan Kuratif Hadapi Penyalahgunaan Narkoba, Berikut Penjelasan Bupati Garut

Jumat, 5 Agustus 2022 14:13 WIB

Share
Lakukan Langkah Preventif dan Kuratif Hadapi Penyalahgunaan Narkoba, Berikut Penjelasan Bupati Garut
Acara Penguatan Pelaksanaan Program Desa Pesisir Tangguh Bersinar di Jawa Barat Tahun 2202, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Pameungpeuk. (Humas)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Narkoba merupakan masalah serius yang menjadi musuh negara dan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan langkah preventif dan kuratif, dalam menghadapi penyalahgunaan narkoba, baik itu aspek pencegahan, penegakkan hukum maupun rehabilitasi dan pengobatan.

Demikian disampaikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, dalam acara Penguatan Pelaksanaan Program Desa Pesisir Tangguh Bersinar di Jawa Barat Tahun 2202 yang digelar BNN, di Aula Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jumat (5/8/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati mengemukakan bahwa narkoba merupakan masalah serius yang menjadi musuh negara dan masyarakat. Apalagi, Kabupaten Garut memiliki daerah yang sangat luas, sehingga rentan terjadi penyalahgunaan maupun penyebaran narkoba, khususnya di daerah pesisir pantai.

"Karena berdasarkan informasi BNN bahwa ada pasokan-pasokan tertentu yang ada di daerah pesisir. Terakhir kita mendengar dan sangat kaget satu ton sabu ditemukan di perairan Jawa Barat yaitu di daerah Pangandaran," katanya.

Kabupaten Garut sendiri dipercaya Badan Narkotika Nasional (BNN) menjadi pusat digelarnya kegiatan ini, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Rudy mengungkapkan pihaknya selalu menekankan pentingnya hal yang berhubungan dengan langkah preventif dalam rangka mengatasi penyalahgunaan narkoba. Sehingga pihaknya bersama kepala desa berkomitmen untuk mewujudkan desa bersinar, dengan melaksanakan secara agresif dan serius.

"Nah oleh sebab itu saya berharap kepada bapak ibu kepala desa yang ada di wilayah Jawa Barat, atau saya hanya di Garut saja, tentunya ini harus melakukan langkah-langkah konkret di lapangan, lakukan konsolidasi dengan bhabinkamtibmas, dengan para babinsa," ungkapnya.

Bupati menyebutkan, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, pihaknya berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan keselamatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Garut yang dibantu oleh instansi-instansi vertikal.

Sehingga ia sangat senang sekali dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini. "Nah sekarang kita ingin memberikan perlindungan terhadap mereka yang sudah usianya remaja, karena sesuatu hal mereka (bisa) terjerumus terhadap penyalahgunaan narkoba, dan tentu ini akan menjadi persoalan yang harus didirikan satu kesatuan," ujarnya.

Ia juga memaparkan pihaknya senang bisa bersinergi dengan BNN Kabupaten Garut untuk melakukan pendampingan semua desa bersinar.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar