Tingkatan Jiwa Nasionalisme Generasi Muda, Kemenkominfo Gelar Diskusi Publik di Garut

Jumat, 5 Agustus 2022 14:48 WIB

Share
Tingkatan Jiwa Nasionalisme Generasi Muda, Kemenkominfo Gelar Diskusi Publik di Garut
Pelaksanaan acara Bincang Teras Negeriku berupa Diskusi Publik bertema "Muda Toleran Produktif" yang dilaksanakan di Aula Universitas Garut. (foto: Kris)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggelar Diskusi Publik Bincang Teras Negeriku bertema "Muda Toleran Produktif", di Aula Universitas Garut (UNIGA), Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jumat (5/8/2022).

Acara ini menghadirkan beberapa narsumber seperti Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan Keamanan (IK Hankam) Kemenkominfo RI, Dikdik Sadaka, Ketua Umum Jabar Bergerak Zillenial (JBZ), Nadzrizal Habib, dan Influencer, An An Aminah.

Koordinator IK Hankam Kemenkominfo RI, Dikdik Sadaka, mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi terkait dengan peningkatan jiwa nasionalisme serta literasi media sosial di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa.

"Saya khususnya di Direktorat IK Hankam, kita masuk ke dalam tim satgas penanggulangan radikalisme dan terorisme, dan kegiatan ini sebenarnya dalam rangka kegiatan satgas yang dilakukan oleh Kominfo. Kita melakukan kerjasama dengan BNPT serta instansi lainnya, dan kita melakukan kegiatan sosialisasi untuk penanggulangan penyebaran paham-paham radikalisme," ujarnya.

Ia mengatakan, output yang diharapkan dari kegiatan ini agar masyarakat semakin paham mengenai tema yang diambil, khsususnya dalam hal toleransi.

"Kita tidak menyampaikan dalam bahasa vulgar tentang radikalisme atau terorisme gitu ya, tapi kita lebih mengarah kepada sumber-sumber radikal itu seperti apa, toleransi salah satunya. Nah itu yang kita bangun di kalangan generasi muda agar mereka memiliki jiwa toleransi yang sangat tinggi," kata Dikdik.

Ia berharap melalui forum diskusi publik ini, masyarakat Garut khususnya peserta yang hadir dalam acara ini, bisa semakin hidup toleran.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Yeni Yunita, menuturkan pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan acara yang digelar oleh Kemenkominfo di Kabupaten Garut. Terlebih, tema yang diambil terkait dengan muda, toleransi, dan produktif.

"Kami juga berterima kasih kepada Kemenkominfo karena memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi acara, dan berbagi ilmu kepada pemuda-pemuda yang ada di Kabupaten Garut, khususnya yang ada di Universitas Garut," tuturnya.

Yeni berharap para peserta mampu mengimplementasikan hal-hal positif yang disampaikan oleh narasumber, khususnya dalam menyongsong kehidupan pemuda yang toleran dan produktif.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar