Bupati Garut Pantau Progres Pembangunan Jalan dan Jembatan di Wilayah Selatan

Sabtu, 6 Agustus 2022 14:05 WIB

Share
Bupati Garut Pantau Progres Pembangunan Jalan dan Jembatan di Wilayah Selatan
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau progress beberapa pembangunan infrastruktur di wilayah selatan Kabupaten Garut. (foto: Kris)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Bupati Garut Rudy Gunawan melakukan monitoring ke beberapa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Kegiatan itu dalam rangka untuk melihat sejauh mana progres pembangunan, terutama infrastruktur di tiga kecamatan, yakni Cibalong, Cisompet hingga Peundeuy.

Salah satu yang ditinjau oleh Rudy adalah pelaksaksanaan pembangunan kawasan segitiga lintas penghubung tiga kecamatan itu yang berlokasi di daerah Kecamatan Cibalong.

"Ini akan dibangun minggu depan mulai sampai ke Gunung Peer Desa Sagara, Cibalong sampai nanti ke Simpang Cibaregbeg," ujarnya, Sabtu (6/8/2022).

Nantinya, menurut Bupati, rekonstruksi jalan akan sampai hingga Simpang Cibaregbeg dengan panjang 8 kilometer.

"Yang dibeton baru 1,5 kilometer, nah ini adalah terpor poros tapi tahun depan tahun 2024 Insya Allah beres," katanya.

Selain mengecek pembangunan jalan, Bupati Garut juga meninjau secara langsung jembatan di daerah Kecamatan Peundeuy, tepatnya ke Jembatan Cigondrong. Jembatan ini merupakan jembatan penguhubung antara Kecamatan Cisompet dan Cibalong.

Dalam pembangunan jembatan ini, ia mengakui pihaknya dihadapkan dengan takhayul terkait mistisnya batu besar yang berada di lokasi tersebut. Namun, Rudy menilai dengan kekuasaan Allah serta didukung anggaran dan kesungguhan semua pihak, Jembatan Cigondrong bisa berdiri. Perjalanan akan menghemat waktu sekitar 3 jam bagi setiap orang yang akan mengunjungi daerah-daerah di Garut bagian selatan.

"Ini adalah jalur alternatif untuk berlebaran, bersilaturahmi dan kalau terjadi hal-hal yang berhubungan dengan pergerakan tanah longsor, menjadi jalur alternatif. Ini kita bebaskan sepanjang 1 kilometer. Terima kasih kepada warga yang sudah melepaskan tanahnya, sehingga ada jalan akses yang dulu tidak mungkinlah, dulu tidak mungkin ini adalah jembatan rawayan. Kami bangun untuk masyarakat yang di Pangrumasan mungkin tahu keadaan di Jembatan Cigondrong seperti apa," ucap Bupati.

Selain Jembatan Cigondrong, Bupati juga melakukan monitoring pembangunan Jembatan Cibaluk yang juga berlokasi di Kecamatan Peundeuy.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar