Gigi Hilang Jangan Dibiarkan, Inilah 6 Bahaya Kehilangan Alat Mengunyah yang Perlu Diketahui

Sabtu, 6 Agustus 2022 19:10 WIB

Share
Gigi Hilang Jangan Dibiarkan, Inilah 6 Bahaya Kehilangan Alat Mengunyah yang Perlu Diketahui
Jangan biarkan gigi copot tanpa ada upaya memperbaikinya (Foto pixabay. com)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kebanyakan dari kita, bila gigi hilang, sering membiarkannya tanpa berusaha menambalnya. Bahkan ada banyak orang yang berpikir bahwa "tidak apa-apa jika hanya satu yang hilang, toh masih banyak yang masih bisa digunakan".

Padahal, mestinya jika ada gigi yang rusak dan menunjukkan gejala akan copot, jangan dibiarkan. Pergi ke dokter gigi untuk berkonsultasi adalah langkah tepat dilakukan, jika itu terjadi. Pasalnya, jika gigi copot atau hilang dibiarkan, ada bahaya mengancam.

Nah dikutip dari beberapa sumber, berikut ini 6 bahaya bila gigi hilang atau copot dibiarkan.

1. Gigi jadi miring

Biasanya, gigi-gigi itu rapat satu sama lain, dan mereka saling bersandar.  Ketika ada celah pada gigi yang hilang, gigi kiri dan kanan dan yang berlawanan tidak bisa mendapatkan tekanan dukungan yang biasa.

Akibatnya mereka secara bertahap menjadi miring, dan gigi secara bertahap akan mengendur atau bahkan rontok.

2. Impaksi makanan

Setelah gigi hilang, akan ada celah antara gigi dan gigi. Maka makanan mudah terbentur pada celah antara gigi, menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

3. Menyebabkan karies gigi

Kehilangan gigi dapat menyebabkan impaksi makanan. Impaksi makanan ke dalam ruang interdental tidak mudah dibersihkan. Akumulasi jangka panjang dari soft scale dan plak akan menyebabkan karies gigi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar