Kemensos Bayar Tunggakan BPJS Bagi Susan Warga Cununuk yang Setahun Tak Bisa Berjalan, Serta Berikan Bantuan Kewirausahaan

Sabtu, 6 Agustus 2022 19:29 WIB

Share
Kemensos Bayar Tunggakan BPJS Bagi Susan Warga Cununuk yang Setahun Tak Bisa Berjalan, Serta Berikan Bantuan Kewirausahaan
Susan, warga Cununuk, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, setahun ini tak bisa berjalan. Susan dan keluarganya mendapatkan bantuan dari Kemensos. (foto: Ist.)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) turun tangan menengok Susan Meilani (19) warga Kampung Cipondoh Girang RT 04/12, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, yang setahun ini tak bisa berjalan.

Sebelum Kemensos, beberapa pihak juga telah mendatangi Susan dan keluarganya untuk memberikan dukungan dan bantuan, seperti petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), aparat desa, Baraya H. Anang Susanto (Bahana) dan Riki Ganesa anggota DPRD.

Kemensos datang ingin membayar tunggakan BPJS Kesehatan yang tertunggak sejak 2019 yang diberikan kepada keluarga Susan dan juga orang tuanya, Ajang Nurjaman (43) dan Ny. Sari (40) melalui Kuskesos dan PSM Desa Cinunuk. Selain itu Kementerian Sosial dalam hal ini Sentra Abiyoso memberikan kewirausahaan untuk peningkatan dan ketahanan ekonominya, berupa usaha warungan.

Kades Cinunuk Edi Juarsa, Ketua Puskesos Desa Cinunuk Kusnadi dan petugas PSM Desa Cinunuk Yuyun Yuniarti ketika dikonfirmasi membenarkan jika Kemensos telah turun tangan dengan membayar tunggakan BPJS bagi keluarga Susan.

"Tunggakan BPJS keluarga Susan sekitar Rp3 juta telah dibayar lunas oleh Kemensos. Saat ini kartu BPJS sedang diurus Puskesos dan PSM," kata Edi Juarsa, Jumat (5/8/2022).

Diketahui, Susan Meilani (19) warga Kampung Cipondoh Girang RT 04/RW 12, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung hampir setahun tak bisa berjalan setelah terserang penyakit lambung. Susan, janda beranak satu ini tinggal di rumah orang tuanya di kampung tersebut.

Ajang Nurjaman (45), ayah Susan sehari-harinya satpam di Kompleks Griya Bukit Manglayang RW 21 (GBM 21), Desa Cinunuk, tergolong tak mampu secara ekonomi.

Menurut Kades Cinunuk Edi Juarsa, turun tangannya Kementerian Sosial dengan membayar lunas tunggakan BPJS kesehatan keluarga Susan atas upaya petugas TKS, PSM Kecamatan Cileunyi, Puskesos Desa Cinunuk dan petugas PSM Desa Cinunuk yang gerak cepat (gercep) menanganinya dan segera koordinasi dengan dinas instansi terkait.

"Saya selaku Kades Cinunuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak telah turun tangan dan peduli terhadap Susan. Termasuk yang telah menengok dan memberi bantuan berbagai bentuk. Berharap Susan segera sembuh dan jika berobat kini bisa menggunakan kartu BPJS kesehatan," ucap Edi Juarsa.

Sementara itu Ajang Nurjaman, ayah Susan mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah peduli akan nasib Susan, anaknya ini. "Alhamdulillah tunggakan BPJS kesehatan ti kawit taun 2019 tos ditanggung Kemensos mudah-mudahan tiasa ngaringankeun biaya berobat, Susan pun anak oge enggal sehat, tiasa papah deui," harap Ajang.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar