Bekuk Vietnam 2-1, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 05:27 WIB

Share
Bekuk Vietnam 2-1, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 2022
Garuda Muda Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 dengan Sempurna, 9 Poin dari 3 kali kemenangan dari 3 kali pertandingan. (foto twitter pssi)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Timnas Indonesia U16 menang 2-1 atas Vietnam pada laga terakhir babak penyisihan grup A Piala AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu 6 Agustus 2022.

Dengan kemenangan ini, Garuda Muda menjadi juara grup A dengan kemenangan sempurna, 9 poin dari 3 laga yang telah dilakoninya, dan berhak atas tiket babak semifinal Piala AFF U16 2022.

Vietnam menjadi runnerup dengan 6 poin, sementara dua tim sepakbola negara lain yang juga ada grup A tersingkir, dia adalah Filipina dan Singapura.

Garuda Muda tinggal menunggu pemenang Grup C. Negara yang dipastikan akan menjadi calon lawan Indonesia adalah Malaysia dan Myanmar.

Dalam laga Indonesia kontra Vietnam ini, gawang Indonesia kebobolan lebih dahulu lewat penalti Nguyen Cong Phoung. Indonesia ketinggalan 0-1 sampai peluit berakhirnya babak pertama ditiup.

Di babak kedua, Garuda Muda bisa membalas dengan gol dari Arkhan Kaka Putra Purwanto, selanjutnya dilengkapi Nabil Asyura dengan gol kemenangan. Skor 2-1.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung bermain cepat saat peluit tanda dimulainya babak pertama di tiup wasit. serangannya beberapa kali mengancam lini pertahanan Vietnam. Namun, barisan belakang tim lawan sangat tangguh.

Pada menit ke-18, Narendra Tegar bisa mengoyak pertahanan lini belakang Vietnam, dengan melepaskan tembaka ke gawang Vietnam. Namun, bolanya bisa diredam Pham Dinh Hai.

Sulit mengoyak lini belakang Vietnam, pemain Indonesia coba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Hanif di menit ke-32 coba melakukan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti, sayang bolanya masih melenceng.

Indonesia yang menyerang, justru Vietnam mendapat gol lewat penalti di menit ke-40. Rizdjar Nurviat yang coba menerobos lini belakang pertahanan lawan kata wasit melanggar Le Dinh Long Vu di kotak terlarang.

Hadiah penalti dari wasit kepada Vietnam itu, eksekutornya adalah Kapten Nguyen Cong Phoung, dan tendangannya berhasil mengecoh kiper Andika Fathir. Vietnam pun memimpin dngan skor 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, tekanan coba dilancarkan oleh Nabil Asyura dan kawan-kawan namun, tak ada gol tercipta, Timnas Indonesia U16 harus tertinggal 0-1 dari Vietnam saat jeda.

Di babak kedua, Indonesia melakukan satu pergantian pemain, mengganti Mokh Hanif dengan Sultan Akbar. Hasilnya, permainan Indonesia jadi lebih berkembang.

Gol penyeimbang skor akhirnya lahir di menit ke-52, berawal  saat umpan silang dari Narendra Tager islami bisa dikendalikan dengan baik oleh Arkhan Kaka Putra, kepalanya beraksi, bola disundul dan gol. Gawang yang dijaga Kiper Vietnam, Pham Dinh Hai pun bergetar.

Gol penyeimbang skor itu membuat daya gempur Garuda Muda bertambah kuat, hasilnya tiga menit kemudian, tercipta gol lagi, gol yang bisa dinilai berkelas dari Nabil Asyura.

Pencetak hattrick saat Indonesia menjamu Singapura 9-0 itu, menggiring bola jauh dari luar kotak penalti, penonton pun bersyorak, sampai saat dia bisa berdiri berhadap-hadapan dengan kiper Vietnam, gol pun tercipta. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Unggul satu gol dari Vietnam, tidak membuat Garuda Muda mengendurkan serangan. Sejumlah upaya terus dilakukan Arkhan Kaka Cs untuk kembali mendapatkan gol.

Namun, serangan timnas Indonesia U16 itu ternyata masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan lawan yang tidak juga kendur lini pertahannya walau sudah ketinggalan satu gol.

Di penghujung waktu pertandingan, pelatih Vietnam mendapat kartu kuning dari wasit karena melakukan protes berlebihan.

Hingga peluit panjang dibunyikan keadaan tidak berubah, Timnas U16 Indonesia sukses memertahankan keunggulan 2-1 atas Vietnam. (Aris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar