Posisi Persib Masih Berada di Zona Degradasi Setelah Telan Kekalahan dari Borneo FC

Minggu, 7 Agustus 2022 19:49 WIB

Share
Frets Butuan, sedih karena nasib buruk masih terus berpihak kepada Persib. (foto: laman persib)
Frets Butuan, sedih karena nasib buruk masih terus berpihak kepada Persib. (foto: laman persib)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Persib kalah 1-4 dari Borneo FC pada pekan ketiga Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu 7 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB.

Satu-satunya gol Persib dicetak oleh David da Silva pada menit ke-9. Sementara 4 gol Borneo FC dihasilkan, Fajar Fathur Rahman di menit ke-17, Terens Puhiri di menit ke-23, Stefano Lilipaly di menit ke-64 dan Matheus Pato pada menit ke-87.

Hasil dari laga tandang Persib ke Samarinda ini, membuat Maung Bandung semakin terpuruk, sebab kembali gagal mendapatkan kemenangan perdananya di liga 1 2022/2023.

Saat ini Persib masih berada di zona degradasi, posisi ke-17 klasemen sementara Liga 1 2022/2023, dengan raihan satu poin dari tiga kali main. Sedangkan Borneo FC naik dari posisi 8 ke peringkat ke-3 klasemen sementara dengan mengoleksi 6 poin dari tiga kali penampilannya.

Dilaga ini, Persib turun dengan komposisi anyarnya, menyusul pulihnya beberapa peman yang cedera. Pelatih memercayakan posisi penjaga gawang kepada Teja Paku Alam. Posisi bek kenan kepada Kakang Rudianto.

Awal babak pertama, kedua tim bermain ngotot, sama-sama mau dapat gol lebih dulu, terutama Borneo yang menjadi tuan rumah. Hal yang sama juga berlaku bagi Persib, yang ingin mendapatkan kemenangan perdananya di liga musim ini.

Persib Bandung unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh David da Silva di menit ke-9. Bomber asal Brasil ini, lewat tandukannya, berhasil memaksimalkan umpan lemparan ke dalam, yang diberikan Robi Darwis dari sisi kiri pertahanan Borneo FC. Skor 1-0, Persib unggul.

Namun, euforia bobotoh tidak berlangsung lama, sebab delapan menit berikutnya, tim pesut etam berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak oleh M Fathur Rahmad pada menit ke-17.

Bek dengan nomor punggung 56 itu mampu menjebol gawang Persib setelah menerima umpan matang yang dikirim oleh Stefano Lilipaly.

Setelah mengecoh Robi Darwis, Fathur melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Bola meluncur deras menuju gawang yang dijaga Teja Paku Alam, gol pun tercipta untuk Borneo FC. Skor 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, tempo permainan kedua tim langsung meningkat, jual beli serangan juga terjadi. Akibatnya pelanggaran pun tidak terhindarkan.

Wasit asal Sulawesi Utara, Steven Yubel Poli juga bertindak tegas, mencabut kartu kuning pertamanya dan diberikan kepada pemain pesut etaj, Ahmad Nur Hardianto di menit ke-21.

Di menit ke-23, pendukung tuan rumah kembali bersorak, menyusul gol kedua tim Borneo Fc yang berhasil dilesakkan Terens Puhiri di menit ke-23. Skor pun berubah 1-2, untuk pesut etam, Persib tertinggal.

Wasit Steven Yubel Poli lagi-lagi harus mencabut kartu kuning dari sakunya pada menit ke-32, kali ini kartu dihadiahkannya kepada gelandang muda Persib, Robi Darwis. Setelah itu, Nick Kuiper ikut-ikutan dapat kartu kuning di menit ke-45.

Unggul 1-2 tidak membuat, anak asuh Milomir Seslija mengendurkan serangan, peluang demi peluang terus dicari agar bisa terus mendapatkan pundi pundi gol dari gawang yang dijaga Teja Paku Alam. Namun hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama ditiup, gol yang dicari belum juga didapatkan.

Di babak kedua, permainan yang disajikan kedua tim masih tetap sengit, sejumlah peluang lagi-lagi tercipta. Namun hingga menit ke-60 belum ada gol baru yang lahir.

Pesut Etam baru berhasil menambah gol di menit ke-64, lewat sepakan ringan Stefano Lilipaly. Pesepakbola kelahiran Belanda ini dapat gol dari blunder yang dilakukan kiper Persib Teja Paku Alam.

Kiper  yang sudah lebih dari satu bulan dibekap cederan itu, menyundul bola, yang mengarah ke gawang yang tengah dijaganya. Naas, bola jatuh ke kaki Stefano Lilipaly, dan pesepakbola kelahiran Belanda itu langsung melakukan tendangan lob yang sukses bersarang di gawang Maung Bandung. Persib pun tertinggal 1-3.

Unggul, membuat pasukan Pesut Etam, julukan Borneo FC, jadi semakin rajin menyerang untuk memperbanyak gol kemenangan di laga home. Sejumlah tembakan keras  kerap dilesakkan ke arah gawang Persib, namun masih meleset dan melebar.

Borneo kembali menyetak gol di menit ke-86 setelah Matheus Pato sukses melesakkan bola lewat sepakan salto. Skor pun menjadi 1-4 untuk Pesut Etam.

Kebobolan terus membuat Persib memilih bertahan, dan sesekali mencoba melakukan serangan balik, namun sayang tim asuhan Robert Albert belum mampu menambah gol. (Aris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar