Bangunan SDN Denuh Culamega Kabupaten Tasikmalaya Ambruk, Setelah Turun Hujan Deras di Wilayah Tersebut

Kamis, 11 Agustus 2022 19:47 WIB

Share
Bangunan SDN Denuh Culamega Kabupaten Tasikmalaya Ambruk, Setelah Turun Hujan Deras di Wilayah Tersebut
Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Denuh Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Denuh Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk. Hal itu terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Camat Culamega Dedi Mulyana saat dihubungi Poskota Jabar membenarkan telah terjadi kejadian ambruknya bangunan sekolah di wilayahnya, yakni SDN Denuh sebanyak 2 lokal tepatnya di Kampung Mekarwangi RT 04/09, Dusun Tugujaya, Desa Cikuya, Kecamatan Culamega.

Meskipun bangunan sekolah itu ambruk, menurut Dedi, namun kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan. "Tapi kita (KBM) hanya menempati sebuah madrasyah yang tak jauh dari lokasi sekolahan yang ambruk," katanya.

"Saya juga khawatir kalau siswa tersebut bertahan (belajar) di bangunan yang sudah ambruk itu malah tertimpa bangunan yang ambruk dan disini juga kalau hujan seperti ini sekolah selalu diliburkan," tambahnya.

Berdasarkan laporan, tutur Dedi,ruangan yang ambruk di sekolah itu merupakan ruang guru, yang didalamnya terdapat peralatan seperti televisi, lemari, kursi, dan buku-buku, yang mengalami kerusakan. Walaupun demikian, tak ada korban luka atau jiwa dalam kejadian itu. Namun, diperkirakan kerugian materil mencapai Rp 185 juta.

Disebutkan, bangunan sekolah lain yakni SDN Cikawung dan SDN Cikuya juga mengalami kerusakan, namun itu bukan diakibatkan cuaca ekstrem. Bangunan sekolah sudah lama tak terawat dan mengakibatkan SDN tersebut ambruk. "Untuk sekarang yang terkena (akibat) cuaca hanya 1 SDN Denuh sebanyak 2 lokal," katanya.

"Kalau dua SDN (SDN Cikawung dan SDN Cikuya) itu rusaknya sudah lama. Sudah sekitar enam bulan. Anak-anak di sekolah itu kalau hujan diliburkan, khawatir ada kejadian tidak diinginkan," katanya.

Oleh karena itu, tambah Dedi, pihaknya meminta dinas terkait untuk segera melakukan renovasi terhadap sekolah yang mengalami kerusakan. "Di desa kami dan wilayah Kecamatan kami, apabila tidak segera direnovasi, kegiatan belajar mengajar akan kesulitan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Iin Aminudin, mengatakan, pihaknya belum menerima laporan terkait ambruknya beberapa sekolah di Kecamatan Culamega. "Kami akan melakukan pengecekan untuk segera mungkin karena ini perlu penanganan khusus dan sayang kalau dibiarkan terus menerus," ungkapnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar